Sabtu, 09 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 17

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Membedakan Ba dan Ta


Mainan lama bersemi kembali.. hehe. Kareem menemukan ikan hijaiyah ini di rumah eyang. Hari ini diasuh sama eyang nambonya sambil mengenal hijaiyah lewat ikan-ikan ini.

Ba dan Ta.
Semoga makin jago membedakan mana huruf ba dan mana huruf ta ya sayang. Dengan ini Kareem juga jadi mengenal konsep di atas dan dibawah serta kuantitas. Ba titiknya di bawah, ada satu. Ta titiknya di atas, ada dua.


#mommyKareem
#Kareem23m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 08 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 16

Bismillah

Menemukan matematika disekitar kita sambil minum kelapa yang baru diambil dari pohonnya 😁.

Pagi ini Kareem main di lapang sama daddy, mommy beberes rumah. Pas mommy susulin taunya lagi minum kelapa. Anak solehnya mommy langsung menawarkan, "mami mau?". Terharu nak. Makasih sayang.. hehe.


Abis minum kelapa Kareem langsung menunjuk kelapa yang belum dipotong. Mommy aja berhitung deh.. "Ayo Kareem itung ada berapa kelapanya.. sambil dipegang buah kelapanya". Satu.. dua.. tiga. Yup, ada 3 kelapa. Hihihiii.. dikit-dikit dikenalkan konsep kuantitas ya nak. Tiga itu segimana sih 😊💕.

#mommyKareem
#Kareem23m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 07 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 15

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Pom-pom Drop


Recall colour dan sorting colour lewat permainan pom-pom drop ini. Sudah beberapa kali Kareem minta main pom-pom, maaf ya nak baru kesampean hari ini. Main pom-pom sekalian difasilitasi lewat permainan pom-pom drop ini. Tugas Kareem adalah memasukan pom-pom ke pipa yang sesuai warnanya. Pipa ala ala dari kertas lipat 😅. Pengennya pake bekas roll tisue, cuma ga punya tisue gulung 🙈.


Mommy siapkan sendok dan capitan sekalian melatih practical life skill Kareem. Mau sorting colour pakai tangan juga boleh, melatih pincer grasp Kareem. Untuk capitan karena baru pertama dikenalkan jadi masih agak kesulitan dan capitannya memang ada di rumah yang ukuran besar 😁. Ayo ambil pom-pomnya, tahan.. jatuh.. ambil lagi, tahan, jatuh lagi.. berulang kali begitu 😅. Kareemnya mau berusaha terus untuk mencoba. Makasih ya sayang 😘.


Sorenya pom-pom ini kita gunakan untuk membuat huruf ba. Ba titiknya dibawah 😊. Ayo tempel pom-pomnya jadi titik huruf ba 😘.


Menempel titik huruf ba menggunakan pom-pom ini sekalian mengenalkan Kareem tentang konsep di atas dan di bawah juga konsep kuantitas.


Malamnya pom-pom masih belum bosan dimainkan, dipake buat main masak-masakan. Sebelum tidur mommy perlihatkan skill mommy mengambil pom-pomenggunakan sumpit. Anaknya amazing 😁😎. Mommy yang ambil, Kareem yang menghitung. Satu.. dua.. tiga.. 😊. Abis main pom-pom sama mommy lanjut main sama daddy. Alhamdulillah..


#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 06 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 14

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Bangun Datar dan Bangun Ruang

Hari ini Kareem mengulang mengenal bentuk 2 dimensi atau bangun datar. Juga mengenal dadu yang berbentuk bangun ruang. Kita main loncat-loncatan sebelum mandi ya 😁.

Kareem mengenal lingkaran, segi tiga, segi empat, persegi panjang, dan kubus.


Awal bermain mommy kenalkan Kareem dengan dadu, bentuknya kubus. Lalu ajak Kareem melempar dadu dan lompat ke bangun datar yang sudah mommy tempel di lantai. Ayo lompat ke bangun datar yang sama dengan lemparan dadunya 😘.

Lingkaran dan segi tiga Alhamdulillah udah mulai hafal. Lingkarannya udah ga disebut 'bulan purnama' lagi 😁.  Dan ketika makan cracker bentuk lingkaran langsung menyebut lingkaran dan menuju lingkaran yang di tempel di lantai. "Mami sama, lingkaran".

Barakallah nak, matematika itu menyenangkan loh 💕

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Selasa, 05 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 13

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Mengenal konsep pengurangan

Ada yang inget dengan telur ayam di rumah kami? Hihihii.. Alhamdulillah sampai hari ini ayamnya masih bertelur. InsyaAllah sebagian ditetasin, sebagian dinikmatin 😁.


Sampai pagi ini sudah ada 6 telur ayam (harusnya 7 tapi 1 udah jadi scramble egg). Jadi hari ini mommy ajak Kareem mengambil 2 butir telur ayam untuk disimpan di kulkas.

Ada 6 butir telur ayam di dalam kardus. Diambil Kareem 2 butir. Berapa butir telur yang tersisa di dalam kardus?

Konsep perngurangan ya. Hehe, ngajak Kareem sebatas menghitung ada berapa telurnya sebelum dan setelah diambil Kareem.


Hari ini Kareem juga bermain puzzle Tumbuh Kembang Ayam. Mommy ceritakan jika telur ayam dierami oleh mommy ayam, nanti telurnya akan menetas menjadi baby ayam. Lalu akan menjadi ayam dewasa.


Alhamdulillah, berkat buku TMKnya mbak @uchywidya jadi lebih mudah untuk bikin-bikinan 😊.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Senin, 04 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 12

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Mengenal konsep kuantitas



Mengenalkan angka dan konsep kuantitas pada Kareem. Tugas Kareem adalah memarkir mobil sesuai jumlah angkanya 😁.

Hari anaknya lebih fokus menyesuaikan mobil yang dia punya dengan mobil yang mommy tempel di lantai. Padahal parkirnya boleh dimana saja. Hihiii.. anaknya lebih kreatif ya 😁😘

Buku pengantar tidur favorit Kareem beberapa hari ini adalah "Suara Apa Itu?". Sebelum tidur siang ini juga baca buku itu. Ternyata bisa mengenalkan kosep kuantitas juga lewat alat transportasi yang ada di buku. Satu pesawat, dua kapal selam, tiga sepeda, dll. Sejauh ini mommy hanya sampai ajak Kareem menghitung, ada berapa ya sepedanya? Dan anaknya akan langsung mulai nunjuk-nunjuk gambar di buku sambil berhitung 1 - 10 😁😎.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Minggu, 03 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 11

Bismillah
Hari ini Kareem dan sepupu-sepupunya main ke pasar kaget Manglayang. Katanya Kareem mau naik kuda sama daddy. Pas sampai tempat kuda ga mau naik.. hehehe 😂

Sambil nunggu Kak Ell dan Aa Arasy naik kuda, kita minum kelapa muda. Santai ngadem sambil merasakan semilir angin.
"Mami, daun-daun kabur" kata Kareem. Sontak saya dan daddynya ketawa sambil berkata "Iya nak, daunnya terbang, ketiup angin".


Hihihii.. sambil menceritakan matematika yang ada disekitar kita. Konsep berat dan ringan. Daun riang jadi bisa terbang terbawa angin. Daun yang di pohon juga ringan, jadi bergoyang ditiup angin.
Kalau Kareem berat atau ringan?
Anaknya keliatan kaya lagi mikir.. hehe.
Rambut Kareem ringan, jadi bisa goyang-goyang ditiup angin.

Kareem juga bertanya tentang payung tukang kelapa mudanya yang bergoyang ditiup angin 😊

Betapa dekatnya kehidupan kita dengan matematika, asal kita selalu melakukan komunikasi produktif 😊. Nak semoga menjadi pribadi yang suka matematika 💕.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs