Senin, 15 Januari 2018

Bintang 1 : The Power of APA

Bismillahirrahmanirrahim

Kareem si anak linguistik. Kadang masih ga nyangka aja ini anak ngomongnya udah cas cis cus. Ga lupa menggunakan intonasi dan nada suara yang bikin gemas 😍.

Sering mommy nya dibikin kelabakan berpikir atas celotehannya Kareem. Mencari jawaban yang mudah untuk dipahami Kareem.

Dan... Beberapa hari ini bahasanya Kareem semakin berkembang. Lagi senang menggunakan kata tanya "apa".


Mommy nonton apa?
Mommy cuci apa?
Mommy itu apa?

Barakallah kakak soleh 💕💕💕
Hayu kita bermain belajar bersama dan cari tahu jawaban atas semua pertanyaannya Kareem.

#mommyKareem
#Kareem25m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Minggu, 14 Januari 2018

Bintang 1 : Aku bertanggung jawab

Bismillahirrahmanirrahim

Anak soleh yang selalu excited tiap mommy kasih 'kepercayaan'. Tugas yang menurut kita 'kecil dan sederhana' tapi begitu 'besar dan menarik' bagi anak. Sudah pasti disesuaikan dengan kemampuan Kareem.


Hari ini kita mau nginep di rumah Eyang. Mommy ajak Kareem menimbang alpukat untuk dibawa kesana. Dengan cara ini mommy kenalkan Kareem pada bilangan. Angka 2. Yang mana ya angka 2? Ada berapa banyak buah alpukat 2 kg itu? Seberapa berat 2 kg itu?.

Alhamdulillah Kareem bertanggung jawab sekali. Menyimpan alpukat satu persatu hingga beratnya 2 kg kemudian memindahkan alpukat ke dalam keresek untuk dibawa.

Makasih ya nak udah membantu mommy 😘.

#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Sabtu, 13 Januari 2018

Bintang 1 : Anak Pertama Mommy

Bismillahirrahmanirrahim

Kakak, engkau selalu menjadi bintang pertama bagi mommy.

Masih banyak 'keingintahuan' Kareem yang tidak mommy fasilitasi. Padahal cukup dengan 'memberikan kesempatan'. Lalu di waktu setelahnya mommy akan menyesal kenapa tidak memberikan kesempatan itu.
Menjelang HPL mommy nya jadi banyak baper nih. Huhuhu.. mommy berharap Allah masih memberikan banyak kesempatan setelah ini untuk mommy dan Kareem bersama.

Mommy tau Kareem akan sayang banget sama adiknya, dan mommy juga percaya adiknya akan sangat menghormati kakak. Anak-anakku.. ketika nanti mommy sudah tidak ada semoga kalian bisa saling menjaga. Allah sebaik-baik pelindung dan penjaga, mommy titip kalian pada Allah.

Hari ini ngajak Kareem kasih makan ayam pake beras di rumah nenek. Seneng? Udah pasti. Hehe


#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Jumat, 12 Januari 2018

Bintang 1 : Singgahsana Kareem

Bismillahirrahmanirrahim


Kalau udah duduk di 'singgahsana'nya ini, anteng banget. Tiap mommy masak pasti minta duduk disana. Tapi ya ga setiap saat Kareem bisa duduk disana. Ga mungkin kan Kareem bisa duduk disana saat menggoreng ayam yang minyaknya nyiprat-nyiprat 😅🙈.

Dan kalau sudah mengizinkan Kareem duduk di singgahsananya, mommy nya harus siap untuk 'ektstra.. ekstra.. ekstra..' 😂. Membakar roti, masak oat, bikin pop corn, dan mengaduk jelly adalah kegiatan bisa dilakukan Kareem dari singgahsananya 😊.

Hari ini mommy ajak Kareem bikin jelly udah pasti semangat 😁😎. Ambil air dari dispenser pake gelas ukur, memasukan tepung jelly, menyendok gula, menuang air dari gelas ukur ke panci, hingga memasak dan mengaduknya di kompor. Pelajaran yang di dapat? banyak banget. Mommy ajak Kareem membilang 1-10 sambil menyendok gula, mommy perlihatkan kondisi mendidih itu seperti apa sih, uap panas itu yang kaya gimana, dan Kareem belajar sabar untuk tidak langsung memakan jellynya 😂. Kareem belajar juga kehati-hatian, yang sering banget disounding sama mommy. Pegang sendoknya bagian atas agar tidak panas, pelan-pelan mengaduknya biar tidak tumpah, dan jangan pegang pancinya 😊🙏.


#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Kamis, 11 Januari 2018

Bintang 1 : Aku Sang Pengamat

Bismillahirrahmanirrahim

Kegiatan yang bikin Kareem anteng untuk saat ini dan betah memperhatikannya lama-lama adalah :
1. Memperhatikan kegiatan tukang bangunan yang lagi bangun rumah depan (masih berlanjut)
2. Memperhatikan mang yang lagi pasang pemanas air (kemarin)
3. Memperhatikan kegiatan tukang sampah (tadi pagi)



Tukang bangunannya lagi ketok-ketok Kareem ikutan ngetok juga pakai palunya. Lalu tadi saat azan dzuhur dia katakan "mang, udah azan tuhh". Saya tanya mangnya disuruh ngapain? Shalat dulu jawab Kareem. Barakallah nak 😍.

Kemarin ada yang pasang pemanas air. Daddy kenalkan kalau namanya Mang Dodo. Mungkin panggilan 'mang' bagi Kareem itu identik dengan tukang jualan kali ya, jadi berkali-kali nanya ke mommy, "Mang apa?". Mommy jawab mang yang lagi pasang pemanas air. Tapi masih tanya juga "Mang apa?". Baru setelah panggilannya kita ganti 'om' Kareem ga nanya lagi dan menyapa juga banyak ngajak ngobrol Om Dodo nya 😅🙈. Ikutan bawa obeng punyanya juga 😁.

Pulang dari warung sayur tadi pagi ada yang anteng banget merhatiin apa yang dilakukan tukang sampah. Memasukan sampah ke mobil baknya hingga loncat dari mobilnya. Dan.. kegiatan ini dicoba oleh Kareem di lemarinya. Dia masuk ke dalam lemari. Kemudian mengeluarkan semua diapers yang ada disana, lalu memasukan semua barang ke lemari. Mulai dari sandal, sajadah, sarung, diapers, dll. Sampah.. sampah.. katanya 😂. Ga lupa juga laporan ke mommy "Kaim ompat" (Kareem lompat) 😅🙈.

Mommy nya kadang masih bingung aja kalau Kareem sedang memperhatikan seperti ini baiknya mengarahkannya kemana 😁. Jadi baru bisa sebatas sama-sama mengamati dan menjawab pertanyaan Kareem 🙈.

#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Rabu, 10 Januari 2018

Bintang 1 : Aku senang bermain bersama mommy

Bismillahirrahmanirrahim

Kegiatan yang paling bikin Kareem berbinar adalah bermain bersama saya. Terharu jadinya. Kalau diajak untuk main pasti langsung semangat, kadang malah Kareem yang nangih main.



Mungkin sebulan terakhir ini kebersamaan bermain kita kurang ya kak. Mulai dari pindahan hingga gantian yang sakit.

Yuk kita mulai lagi, semoga kebersamaan kita makin berkah ya kak. Dan mommy bisa selalu bermain bersama kakak.

Huruf hijaiyah sangat melekat diingatan Kareem. Kalau lihat angka 2 dan 5 yang mommy tempel di lantai dia sebut huruf jim. Kalau ketemu sesuatu yang melengkung dia katakan "mami kaya huruf ba". Sejauh ini kalau ditanya bedanya huruf ba, ta, tsa Alhamdulillah sudah bisa menyebutkan. Ba titiknya di bawah ada 1, ta titiknya ada 2 di atas, dan tsa titiknya ada 3 di atas. Meski kadang konsep atas dan bawahnya masih suka kebalik 😁😘.

Barakallah anak soleh mommy, semoga menjadi langkah awal Kareem untuk mencintai Al Quran.

Yuk kita mulai lagi aktifitasnya. Hari ini Kareem memberi titik huruf ta dan tsa menggunakan cat air. Sekalian mengenal konsep kuantitas. Dua itu segimana sih, tiga itu segimana 😊.

Kegiatan dilanjut dengan mewarnai tape resist art huruf jim, ha, kho. Dann.. yang dilakukan Kareem adalah memberi semua hurufnya titik di tengah (kalau kata Kareem di perutnya) satu titik 😍. Setelah itu baru mommy ajak untuk mewarnai semua bagian kertasnya, supaya nanti hurufnya keliatan. Mommy bantu mewarnai bagian yang (masih banyak) warna putihnya 😁😂.

#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Selasa, 09 Januari 2018

Bintang 1 : Aku belajar mandiri

Bismillahirrahmanirrahim

Jadi ingat materi ke 2 Kuliah Bunda Sayang. Melatih Kemandirian Anak. Latihannya tentu ga berhenti ketika tantangan 10 hari selesai.


Siang ini Kareem makan buah alpukat. Makan sendiri. Begitu alpukat siap dimakan, dia langsung geser-geser kursi dan meja plastiknya. Makan sambil duduk dan menyuap makanan menggunakan tangan kanan. Ahhh.. pemandangan yang membahagiakan. Dalam sekejap 1 buah alpukat selesai dilahap dan minta tambah 😂.

Dalam pikiran mommy mungkin nanti akan kekenyangan, jadi alpukat kedua mommy ambil sebagian untuk mommy makan. Ternyata anaknya doyan banget dan menanyakan ketika alpulat kedua punyanya habis 😂🙈. Mommy tawari yang punya mommy tapi ga mau, karena alpukatnya dicampur pakai susu kental manis. Kareem sukanya alpukat yang dicampur pakai gula 😂.

Jadi tadi ada adegan mommy menyuapi sisa-sisa alpukat dari piring Kareem dan Kareem nyuapin alpukat mommy. Terakhir dia kumpulkan kedua piring dan membawanya, lalu menyimpannya ke tempat cuci piring.. 😍💕. Barakallah sayang.. makasih ya 😘.

Sejauh ini mommy perhatikan Kareem pasti inisiatif makan sendiri kalau :
1. Laper banget
2. Makanan kesukaannya

Hehehe 😁

#mommyKareem
#Kareem24m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga