Selasa, 19 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-10

Bismillahirrahmanirrahim

Masih tentang mengenal gaya belajar anak. Lonjakan bahasa Kareem, membuat saya berpikir auditorinya dominan. Apa yang didengar di ikuti. Kalau ketemu alfabet, dieja dengan "ba, ta, sin, da". Kalau ditanya k? aim (Kareem), m? mami, d? daddy, p? pahman (paman).

Inilah saatnya mengajarkan hal-hal baik lewat apa yang di dengarnya. Stimulasi auditori Kareem insyaAllah baru akan dilakukan lusa. Sekalian mengenal huruf, s untuk suara.

Selama ini yang paling banyak dilakukan adalah stimulasi visual dan kinestetiknya. Seperti keseeruan hari ini bermain oobleck. Auditori sebatas saya bercerita atau Kareem berhasil melakukan perintah sederhana.


#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday10

Senin, 18 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-9

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah hari ini berkesempatan ajak Kareem ke majelis taklim. Di hotel bnb jadi deket. Heuheu

Amunisi tuk Kareem saya bawa jelly, susu uht, dan air mineral aja.

Sampai tempatnya Kareem aga kaget sama suara sound yang cukup besar. Tapi masih tetep mau diajak ke dalem. Untuk beberapa saat anteng duduk makan jelly 😁.

Udahnya ngajakin keluar, bosen kayanya.. hoho. Mommy nya juga lupa ga bawain mainannya Kareem 😅. Akhirnya dibilangin keluarnya kakau pak ustadznya selesai ceramah Alhamdulillah mau anteng lagi. Ga jauh dari tempat kita duduk ada kakak-kakak juga duduk. Ada kakak laki-laki lagi nonton you tube.

Selama ceramah Kareem sambil nyanyi-nyanyi. Mulai dari kereta api, cicak di dinding, sampe baby shark. Kakak laki-laki ini denger Kareem nyanyi baby shark, akhirnya buka you tube baby shark sambil ngikutin gayanya.

Gak lama, akhirnya mereka bisa berbaur. Kareem nebeng nonton you tube. Abis itu lari-lari, tapi ga jauh dari saya.


Hmmm.. sebetulnya ini akan jadi PR untuk kami. Bagaimana membuat anak anteng selama kami 'belajar'. Kasih HP sebetulnya bukan solusi, malah nambah PR kedepannya.. huhuhu.

Semoga PR ini bisa teratasi ketika nanti kami sudah tau, gaya belajar apa yang paling dominan pada anak. Selagi indranya berkembang menuju optimal, ada baiknya lain kali kalau mau datang ke majelis taklim saya siapkan cemilan dan mainan kesukaan anak.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday9

Sabtu, 16 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-8

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah menyempatkan melipir ke acara Family Fun Day IIP di Masjid Salman. Daddy ada kerjaan di Jakarta, jadi kita jalan-jalan hari ini sama Eyang dan Nambo.
Mepet banget datengnya, menjelang Asar, dan udah pada bubar 😂

Tapi Alhamdulillah Kareem seneng lari-lari di pelataran masjidnya. Dikasih balon sama tante katanya. Makasih ya tante 😁.

Sambil teteup mengamati gaya belajar Kareem. Kalau diliat gini sepertinya kinestetik ya Kak 😁. Di tempat undangan manjat-manjat pager. Di masjid salman lari-lari, boboan di rumput, naik batu, dan 'belajar' loncat.


Semoga nanti kalau Kareem udah lebih besar ada lagi acara Family Fun Day seperti ini. Karena asyik banget ada mendongeng, penahan, balbalan futsal, cooking, happy club, apa lagi yaa.. kayanya masih banyak yang belum kesebut 🙏

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday8

Jumat, 15 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-7

Bismillahirrahmanirrahim

Hasil dari Kareem mengenal huruf sampai saat ini adalah kalau ditanya..
"K.."
"Aim" (Kareem) jawabnya
"D.."
"Dedi"
"M.."
"Mami"
"P.."
"Pahman" (Paman)

Dan kalau Kareem lihat huruf alfabet dia eja "ba, ta, sin" 😂😅

Alhamdulillah. Apa ya nak yang dominan?
Kalau liat sekilas sepertinya kinestetik auditori. Tapi liat Kareem bisa anteng baca buku dan minta berkali-kali dibacain  atau baca gambar versi Kareem, sepertinya visual juga 😂

Berkaitan dengan mengamati gaya belajar anak, saya juga mulai menumbuhkan nilai-nilai agama.

Visual membaca Al Quran dan mengaitakan gambar di buku dengan cerita dalam Al Quran.

Auditori one day one juz. Membiasakan mendengar mengulang juz yang sama selama 7 hari.

Kinestetik mencoba melakukan kegiatan keagamaan. Berdoa dengan mengangkat tangan. Melakukan gerakan shalat.

Hari ini Kareem ambil pecinya, dia pake. Kemudian menggelar sajadah kecilnya. Shalat dhuha, subhanAllah.


Betapa pentingnya orang tua menjadi teladan yang baik untuk anak-anaknya.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday7

Kamis, 14 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-6

Bismillahirrahmanirrahim

Masih tentang tantangan 10 hari mengamati gaya belajar anak. Dan sampai saat ini berkesimpulan ketiga gaya belajar tersebut (auditori, visual, dan kinestetik) bikin 'belajar' Kareem makin maksimal. Kayanya kalimatnya kurang tepat ya.. harusnya stimulasi ketiga gaya belajar tersebut bikin 'belajar' Kareem makin maksimal.

Auditori. Perkembangan bahasanya Kareem Alhamdulillah lagi pesat banget. Tiap kata yang baru di dengarnya diikuti. Beberapa kali saya nyanyikan lagu yang baru didengarnya, kata akhirannya bisa diikuti. Termasuk saat saya iseng nyanyi baby shark do do do.. 😅😂

Visual. Kerasa banget pentingnya memilihkan buku yang menarik dan sesuai usia anak agar bisa menumbuhkan minat baca sejak kecil. Kadang saya terharu sendiri kalau Kareem 'membaca gambar' dan minta baca buku berulang kali. Bagun tidur pagi ini Kareem langsung ambil buku barunya. Seneng dan menarik, Alhamdulillah.


Kinestetik. Mitos atau fakta ya, anak laki-laki lebih aktif? Hehe. Kegiatan bergerak-gerak masih terus dilakukan supaya energi Kareem tersalurkan. Kalau saya ga bikin kegiatan khusus? Seharian Kareem cukup bergerak sepertinya, hobi barunya jalan dan loncat diantara kursi 🙈

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday6

Rabu, 13 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-5

Bismillahirrahmanirrahim

Saya sempat beberapa kali ngetes Kareem berhitung dan bernyanyi. Alhamdulillah lancar berhitung satu sampai sepuluh 😁. Nah saat ngetes ini keliatan banget kalau kinestetiknya (lagi) dominan. Pasti sambil goyang-goyang lah, loncat-loncat, atau menggerakan benda.

Bernyanyi dan berhitung ini Kareem belajar dari saya yang menyuarakan. Auditorinya dominan ya. Hehe 😁

Stimulasi kami hari ini adalah mencoba mewarnai menggunakan cat air. Seru dan alhamdulillah Kareem anteng soleh mengikuti arahan saya dari awal sampai akhir 😁. Pertama kali ya nak kita gunakan cat air, menarik bagi Kareem.




Stimulasi visualnya adalah Kareem sudah mampu membedakan dan menyebutkan warna.

Stimulasi auditorinya adalah ketika mengikuti arahan saya "Ayo warnai bagian yang masih putih".

Stimulasi kinestetiknya adalah menggerkan kuas 😁. Menyapukan ke kertas, celup ke warna, celup ke air bilasan, dan berulang-ulang. Selain itu juga Kareem sekarang udah bisa menahan kertas ketika mengolesi lem.

Alhamdulillah. Seru ya nak 😍

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday5

Selasa, 12 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-4

Bismillahirrahmanirrahim

Masih meraba apa gaya belajar Kareem dan sejauh ini berkesimpulan gaya belajar ketiganya membuat 'belajar' Kareem makin maksimal.

Ketika indra Kareem sudah bekerja optimal, saya percaya diantara ketiganya akan ada yang paling dominan.

Saya kinestetik. Suami visual. Kareem? 😁
Kita bersama-sama cari tau ya nak.

Hari ini Kareem belajar memancing. Sebelum kegiatan ini dikenalkan secara langsung ke Kareem, Kareem pernah tau 'magnetic fishing' dari buku (visual) yang kami ceritakan (auditori). Kali ini kita coba langsung ya nak (kinestetik).


Kareem perlu dilatih lagi untuk melakukan permainan yang membutuhkan kesabaran. Semenit dua menit.. satu dua.. tiga kali masih mau ikutin aturan buat mancing pakai pancingan. Udahnya, 'tangan kosong' ikut beraksi untuk ambil ikan 😂.

Kadang kalau liat Kareem ga bisa diem kesana sini, loncar sana, lari sini, sering berpikir.. Kinestetik kah?
Kadang kalau saya nyanyi, tiba-tiba Kareem bisa ngikutin beberapa katanya.. Auditori kah?
Kemarin Kareem berkata 'tenda' dan menunjuk tenda yang dijual di pinggir jalan, saya jadi berpikir.. Visual kah?

Hihihihiii 😁

Semangat ya nak.. kita berproses bersama 😘

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday4