Sabtu, 09 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 17

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Membedakan Ba dan Ta


Mainan lama bersemi kembali.. hehe. Kareem menemukan ikan hijaiyah ini di rumah eyang. Hari ini diasuh sama eyang nambonya sambil mengenal hijaiyah lewat ikan-ikan ini.

Ba dan Ta.
Semoga makin jago membedakan mana huruf ba dan mana huruf ta ya sayang. Dengan ini Kareem juga jadi mengenal konsep di atas dan dibawah serta kuantitas. Ba titiknya di bawah, ada satu. Ta titiknya di atas, ada dua.


#mommyKareem
#Kareem23m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 08 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 16

Bismillah

Menemukan matematika disekitar kita sambil minum kelapa yang baru diambil dari pohonnya 😁.

Pagi ini Kareem main di lapang sama daddy, mommy beberes rumah. Pas mommy susulin taunya lagi minum kelapa. Anak solehnya mommy langsung menawarkan, "mami mau?". Terharu nak. Makasih sayang.. hehe.


Abis minum kelapa Kareem langsung menunjuk kelapa yang belum dipotong. Mommy aja berhitung deh.. "Ayo Kareem itung ada berapa kelapanya.. sambil dipegang buah kelapanya". Satu.. dua.. tiga. Yup, ada 3 kelapa. Hihihiii.. dikit-dikit dikenalkan konsep kuantitas ya nak. Tiga itu segimana sih 😊💕.

#mommyKareem
#Kareem23m
#aktifitasKareem
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 07 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 15

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Pom-pom Drop


Recall colour dan sorting colour lewat permainan pom-pom drop ini. Sudah beberapa kali Kareem minta main pom-pom, maaf ya nak baru kesampean hari ini. Main pom-pom sekalian difasilitasi lewat permainan pom-pom drop ini. Tugas Kareem adalah memasukan pom-pom ke pipa yang sesuai warnanya. Pipa ala ala dari kertas lipat 😅. Pengennya pake bekas roll tisue, cuma ga punya tisue gulung 🙈.


Mommy siapkan sendok dan capitan sekalian melatih practical life skill Kareem. Mau sorting colour pakai tangan juga boleh, melatih pincer grasp Kareem. Untuk capitan karena baru pertama dikenalkan jadi masih agak kesulitan dan capitannya memang ada di rumah yang ukuran besar 😁. Ayo ambil pom-pomnya, tahan.. jatuh.. ambil lagi, tahan, jatuh lagi.. berulang kali begitu 😅. Kareemnya mau berusaha terus untuk mencoba. Makasih ya sayang 😘.


Sorenya pom-pom ini kita gunakan untuk membuat huruf ba. Ba titiknya dibawah 😊. Ayo tempel pom-pomnya jadi titik huruf ba 😘.


Menempel titik huruf ba menggunakan pom-pom ini sekalian mengenalkan Kareem tentang konsep di atas dan di bawah juga konsep kuantitas.


Malamnya pom-pom masih belum bosan dimainkan, dipake buat main masak-masakan. Sebelum tidur mommy perlihatkan skill mommy mengambil pom-pomenggunakan sumpit. Anaknya amazing 😁😎. Mommy yang ambil, Kareem yang menghitung. Satu.. dua.. tiga.. 😊. Abis main pom-pom sama mommy lanjut main sama daddy. Alhamdulillah..


#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 06 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 14

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Bangun Datar dan Bangun Ruang

Hari ini Kareem mengulang mengenal bentuk 2 dimensi atau bangun datar. Juga mengenal dadu yang berbentuk bangun ruang. Kita main loncat-loncatan sebelum mandi ya 😁.

Kareem mengenal lingkaran, segi tiga, segi empat, persegi panjang, dan kubus.


Awal bermain mommy kenalkan Kareem dengan dadu, bentuknya kubus. Lalu ajak Kareem melempar dadu dan lompat ke bangun datar yang sudah mommy tempel di lantai. Ayo lompat ke bangun datar yang sama dengan lemparan dadunya 😘.

Lingkaran dan segi tiga Alhamdulillah udah mulai hafal. Lingkarannya udah ga disebut 'bulan purnama' lagi 😁.  Dan ketika makan cracker bentuk lingkaran langsung menyebut lingkaran dan menuju lingkaran yang di tempel di lantai. "Mami sama, lingkaran".

Barakallah nak, matematika itu menyenangkan loh 💕

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Selasa, 05 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 13

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Mengenal konsep pengurangan

Ada yang inget dengan telur ayam di rumah kami? Hihihii.. Alhamdulillah sampai hari ini ayamnya masih bertelur. InsyaAllah sebagian ditetasin, sebagian dinikmatin 😁.


Sampai pagi ini sudah ada 6 telur ayam (harusnya 7 tapi 1 udah jadi scramble egg). Jadi hari ini mommy ajak Kareem mengambil 2 butir telur ayam untuk disimpan di kulkas.

Ada 6 butir telur ayam di dalam kardus. Diambil Kareem 2 butir. Berapa butir telur yang tersisa di dalam kardus?

Konsep perngurangan ya. Hehe, ngajak Kareem sebatas menghitung ada berapa telurnya sebelum dan setelah diambil Kareem.


Hari ini Kareem juga bermain puzzle Tumbuh Kembang Ayam. Mommy ceritakan jika telur ayam dierami oleh mommy ayam, nanti telurnya akan menetas menjadi baby ayam. Lalu akan menjadi ayam dewasa.


Alhamdulillah, berkat buku TMKnya mbak @uchywidya jadi lebih mudah untuk bikin-bikinan 😊.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Senin, 04 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 12

Bismillah

Kareem, 23 bulan

Mengenal konsep kuantitas



Mengenalkan angka dan konsep kuantitas pada Kareem. Tugas Kareem adalah memarkir mobil sesuai jumlah angkanya 😁.

Hari anaknya lebih fokus menyesuaikan mobil yang dia punya dengan mobil yang mommy tempel di lantai. Padahal parkirnya boleh dimana saja. Hihiii.. anaknya lebih kreatif ya 😁😘

Buku pengantar tidur favorit Kareem beberapa hari ini adalah "Suara Apa Itu?". Sebelum tidur siang ini juga baca buku itu. Ternyata bisa mengenalkan kosep kuantitas juga lewat alat transportasi yang ada di buku. Satu pesawat, dua kapal selam, tiga sepeda, dll. Sejauh ini mommy hanya sampai ajak Kareem menghitung, ada berapa ya sepedanya? Dan anaknya akan langsung mulai nunjuk-nunjuk gambar di buku sambil berhitung 1 - 10 😁😎.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Minggu, 03 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 11

Bismillah
Hari ini Kareem dan sepupu-sepupunya main ke pasar kaget Manglayang. Katanya Kareem mau naik kuda sama daddy. Pas sampai tempat kuda ga mau naik.. hehehe 😂

Sambil nunggu Kak Ell dan Aa Arasy naik kuda, kita minum kelapa muda. Santai ngadem sambil merasakan semilir angin.
"Mami, daun-daun kabur" kata Kareem. Sontak saya dan daddynya ketawa sambil berkata "Iya nak, daunnya terbang, ketiup angin".


Hihihii.. sambil menceritakan matematika yang ada disekitar kita. Konsep berat dan ringan. Daun riang jadi bisa terbang terbawa angin. Daun yang di pohon juga ringan, jadi bergoyang ditiup angin.
Kalau Kareem berat atau ringan?
Anaknya keliatan kaya lagi mikir.. hehe.
Rambut Kareem ringan, jadi bisa goyang-goyang ditiup angin.

Kareem juga bertanya tentang payung tukang kelapa mudanya yang bergoyang ditiup angin 😊

Betapa dekatnya kehidupan kita dengan matematika, asal kita selalu melakukan komunikasi produktif 😊. Nak semoga menjadi pribadi yang suka matematika 💕.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Sabtu, 02 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 10

Bismillah

Hari ini Om Bayu dan Tante Riska menikah. Jadi hari ini menemukan matematika disekitar kami lewat makanan 😁.


Ketika makan buah, ayo kita hitung potongan buah semangka ada berapa, buah melon ada berapa, dan buah jeruk ada berapa. Apa ya warna semamgka?Ketika makan sop, baby wortel (potongan wortel ukuran kecil) siap masuk mulut. Menyusul daddy wortel (potongan wortel ukuran besar) juga siap mausk mulut 😁.

Sampai rumah Kareem mengambil 2 buah mangga. "Dua" katanya. Hihihiii.. ga sabar untuk mengenalkan konsep kuantitas untuk Kareem 😊

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 01 Desember 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 9

Bismillah

Pasca pindahan, di depan rumah kami ada dus bekas yang isinya belum kami sortir. Entah akan dibuang atau disimpan 😅. Suatu pagi ada ayam masuk ke dus tersebut. Saya usir lah, khawatir pup depan rumah. Ternyata ayam itu datang lagi. Suami bilang "mungkin ayamnya akan bertelur, udah ga apa2, diemin dulu aja".


Akhirnya saya bersabar, menunggu. Siangnya pas diliat ternyata benar ada sebutir telur ayam 😁. Saya laporan ke suami bahwa benar, ayamnya bertelur. Kareem juga udah liat. Sampai sore telurnya ko ga diambil-ambil sama suami. Akhirnya saya ajak Kareem ambil itu telur dan simpan dalam kulkas 😂. Lumayan jadi ga usah beli telur ayam kampung untuk bikin scramble egg buat Kareem.

Besoknya, pagi-pagi saya ajak Kareem memasak scramble egg dari telur yang kemarin kita ambil. Nyam.. nyam.. nyam..

Siangnya suami nanya, mana telur ayamnya? Saya jawab udah dimasak, dimakan Kareem tadi pagi 😁.
Akhirnya suami menjelaskan kalau ayamnya bertelur tunggu 2 atau 3 butir dulu, terus ambilnya satu-satu. Jangan langsung diambil semuanya. Hahahaa.. mana saya tau 🙈.

Besoknya ayam itu dateng lagi, masuk ke dus lagi. Saya udah berharap ayamnya akan bertelur lagi. Ga sabar saya nunggu ayamnya pergi. Pas ayamnya pergi, saya intip.. sayang sekali ternyata ayamnya ga bertelur 😢. Saya laporan ke suami, katanya ayamnya pundung kali. Jadi merasa bersalah. Ditambah uyutnya Kareem juga bilang jangan langsung semua ambil telurnya.. hikkkzzzz.. maaf ya ayam, kan gak tau kalau ambil telurnya satu-satu, jangan sampai tempat ayamnya bertelur kosong. Nanti ayamnya jadi bertelur di tempat lain.

Kemarin malam kami menginap di rumah eyang. Kata daddy ayamnya dateng lagi, cuma sekarang ayamnya pindah posisi ngadepnya. Dan pas pulang ke rumah.. eng ing eng... Ada 2 telur ayam. Gak sabar untuk ditunjukin ke Kareem.. hehehe 😁

Taunya pagi ini ayamnya bertelur lagi, jadi sekarang telur ayamnya ada 3 😁.


Kepanjangan ya intronya.. wekekeke. Kegiatan Kareem hari ini adalah menghitung jumlah telur ayam. "Ada dua" katanya. Ayo coba kita hitung.. satu.. duaaa.. tiga. Jadi ada berapa telur ayamnya? "dua" 😅😂🙈.


Nb. Abaikan suara emak yang ngosh ngoshan abis naik tangga 😁

Jadi konsep kuantitas bagi Kareem saat ini adalah jika jumlahnya lebih satu disebutnya "dua". Pelan-pelan ya kita kenalan sama konsep kuantitas 😁😘. Kadang kalau sambil main sama Kareem dan saya tanya jumlah, Kareem sudah mulai mencoba menghitung dengan cara menunjuk.

Yuk kita kenalan dengan matematika dengan cara yang menyenangkan 💕


#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 30 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 8

Bismillah

Menemukan matematika di sekitar kita di kamar mandi. Anak siapa sih yang ga suka mainan air 😂. Kareem suka banget, tuang-tuang, pindah-pindah, dll.

Kegiatan kami hari ini adalah main sambil cebok. Hehe.. udah gak asing sebetulnya 🙈. Main air dengan 2 gelas plastik, tuang sana sini. Satu diisi air, satu dituang, dll. Alhamdulillah dengan cara ini sedikit demi sedikit mengenalkan Kareem dengan konsep isi, penuh-kosong, dan berat-ringan.


Menemukan matematika di sekitar kita, modal utama yang diperlukan sebetulnya adalah komunikasi antara orang tua dan anak.



#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 29 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 7

Bismillah

Selesai juga kegiatan mengenalkan angkasa ke Kareem. Hehe.. selanjutnya apa lagi nak yang menarik perhatianmu? 😁.


Menutup kegiatan ini kami bermain I Spy ... with my little eye. Kita gunakan kaca pembesar supaya gambarnya keliatan lebih besar, lebih jelas 😊. Untuk anak yang lebih besar, bisa sekalian diajak menghitung. Ada berapa ya jumlah bintang jatuhnya? Ada berapa jumlah awannya? Dll.


Penggunaan kaca pembesar ini bisa sekalian mengenalkan ke Kareem ukuran perbandingan. Kecil-Besar. Kalau liat tulisan di kotaknya, keca pembesar ini kemampuan pembesarannya 6x.

Saat mommy minta Kareem mencari bumi, Kareem nyarinya globe yang dia buat.. hehe 😎. Globe ini dikenal Kareem dengan sebutan 'bola dunia' 😁. Mommy salut, mommy pernah ceritakan Pulau Jawa tempat Kareem tinggal, kalau ditanya "Kareem tinggalnya dimana?" anaknya langsung nunjukin Pulau Jawa 😍. Barakallah ya sayang..


Cemilan Kareem siang ini adalah roti bakar coklat. Rotinya mommy potong jadi 4 bagian. Roti yang dimakan Kareem adalah 1/4 bagiannya. Hahahaa.. konsep pecahan nak, tapi belum mommy kenalkan ke Kareem 😁. Baru ngajak Kareem ngitung roti yang udah mommy potong ada berapa. Satu.. dua.. tiga.. empat 😊.

Nak, ternyata betapa dekatnya keseharian kita dengan matematika 😊.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Selasa, 28 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 6

Bismillah

Kareem lebih dulu mengenal hijaiyah dari pada alfabet. Hingga saat ini jika ketemu huruf alfabet masih 'dibaca' sebagai alif, ba, ta, jim. Ini yang paling diinget 😁. Tiap ketemu mcD, lambang M nya dibaca 'ta' 😅🙈. Saat ke rumah sepupunya Kareem  melihat bantal menyusui, lalu berkata "mami baaa.. baaa.. baaa" sambil menunjuk bantal. Waktu melihat double  tip yang di gunting 1/2 lingkaran juga mengatakan hal yang sama. Padahal tidak kami tunjukan pada Kareem.

Atas dasar ini insyaAllah kita akan mulai mengenal hijaiyah. Sambil mommy belajar dan baca-baca juga gimana baiknya mengenalkan hijaiyah pada anak usia dini. InsyaAllah akan dimulai dari huruf paling dihafal Kareem.

Awif (alif)
Saat menemukan huruf l dari bath lettersnya ditunjuk Kareem sebagai "awif" 😍😘. Barakallah kakak, kita akan sama-sama mengenal hijaiyah ya 😁.


Kemarin dan hari ini kita main ulat alif. Tugas Kareem adalah memasangkan tutup botol sesuai warnanya di badan ulat. Ada berapa huruf alif di badan ulat? Apa bentuk tutup botolnya? Ada berapa warna jingganya? Waahhh.. sambil mengenal huruf alif, kita dapat menemukan matematika di sekitar kita 😍. Alhamdulillah.

"Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang telah menciptakan.."

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Senin, 27 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 5

Bismillah

Di rumah kami, jangan aneh kalau ada sendok sop di kotak mainannya Kareem atau sendok makan betebaran di penjuru rumah 😁. Memasak bersama Kareem bikin anaknya makin semangat untuk makan dan menjadi 'laporan' untuk Daddynya. "Kaim udah pasak ini" (Kareem udah masak ini). Barakallah Kakak, makasih udah banyak membantu mommy di dapur. Boleh banget jadi seorang chef yang hafizh quran.. Aamiin 😊.


Hari ini kita bikin camilan Kareem sekalian menemukan matematika di sekitar kita. Bikin bolu kukus 😁😋. Bahannya beli jadi yang tinggal ditambah sama telur, margarin cair, dan air mineral. Simple ga usah pake mixer.. hehe. Bertahap ya kak kita coba masaknya. Nanti kita coba pake mixer dan oven.


Kareem yang menuang MENAMBAHKAN bahannya. Termasuk menakar air 5 sdm. Satu.. dua.. tiga.. empat.. lima 😁, ayo berhitung. Secara ga langsung mengenalkan konsep kuantitas. Salah satu capaian anak di usia 2 tahun adalah membilang sampai 5, meski belum tau kuantitasnya. Alhamdulillah lulus 😊.


Mommy bantu Kareem mencampur adonan di akhir dan memasukan adonan ke cetakan. MemBAGI adonan kedalam 3 cetakan. Aga sulit untuk Kareem karena adonannya kental.

Dan ternyata mommy juga jadi belajar, udah lama ga bikin kue-kuean, lupa kalau kuenya bisa mengembang 😂. Tadi tuang kecetakannya hampir penuh 😂🙈. Bolunya jadi mengembang berapa KALI lipat ya? Hehehe 😁.


Alhamdulillah, ternyata banyak sekali matematikanya dari memasak 💕. Makasih banyak anak solehnya mommy 😘.

Kareem suka memasak? Bisa jadi iya. Hehe.. Kareem juga suka dump truck, molen, main bola sepak, main tenis, main sepeda, main di lapang, dll.. hehe. Kareem semoga tumbuh jadi pribadi yang SUKA membaca dan matematika, bukan hanya sekedar BISA.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Minggu, 26 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 4

Bismillah

Sore menjelang malam ini Kareem mengenal bentuk 2 dimensi. Persegi panjang, segi empat, segi tiga, dan lingkaran. Bintang dan bulan sabit Alhamdulillah sudah kenal 😁.


Mommy perlihatkan gambar tiap bentuk dan meminta Kareem menyebutkan bentuknya. Segi tiga, segi empat, dan persegi panjang Kareem belum kenal dan dia tanyakan "mami ini?". Rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru udah ada, Alhamdulillah. Lingkaran dikenal Kareem sebagai 'buan pumama' (bulan purnama). Berkali-kali kalau ditanya ini bentuknya apa? Dijawab bulan purnama. Hehe, betul nak.. gak salah, ada bulan sabit jadi ada bulan purnamanya juga ya 😊. Momen untuk mengenalkan pada Kareem, "Iya nak bulan purnama, bulan purnama bentuknya lingkaran". Sambil main diselingi juga dengan bernyanyi dengan gerakan lingkaran besar.. lingkaran kecil.. lingkaran besar..


Lalu kita mencocokan bayangan bentuk, Alhamdulillah sudah bisa. Tinggal kita cari tahu ya, yang bentuknya segi tiga apa saja ya?. Mencari tahu tiap bentuk dari benda- benda yang ada di rumah. Persegi panjang : meja, pintu, jendela, lemari, dll. Segi empat : Lantai/ubin, evamat, lubang angin, dll. Lingkaran : lampu, jam, kipas, dll. Segi tiga mommy sebutkan atap rumah, tapi mungkin belum kebayang sama Kareem. Jadi mommy bilang, awug 😅. Awug kalau pas mateng belum dipotong bentuknya segitiga. Anaknya langsung ngeh 😁. Tiap menunjukan benda di rumah mommy bawa potongan gambar bentuk 2 dimensinya dan tunjukan ke Kareem, biar kenal kalau bentuknya sama.



Sebelum tidur malam Kareem minta dibacakan buku 'buung antu'. Oh! si burung hantu. Ternyata oh ternyata, ilustrasinya berbentuk 2 dimensi juga, jadi nyambung sama kegiatan hari ini. Alhamdulillah 💕.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Sabtu, 25 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 3

Bismillah

Hari ini mommy mengenalkan konsep pembagian secara sederhana pada Kareem, kita main dulu sebelum bikin camilan Kareem 😎.


Kita menggunakan biji jagung untuk permainan ini. Biji jagung disimpan di mangkuk besar kemudian siapkan beberapa jenis sendok dan 2 mangkuk kecil. Ayo kita bagi biji jagung dalam mangkuk besar ke 2 mangkuk kecil. Sekalian berlatih practical life skill Kareem memindahkan biji jagung menggunakan sendok 😁.

Alhamdulillah untuk beberapa saat bisa mencoba memasukan sesendok sesendok ke tiap mangkuk. Sisanya suka-suka.. hehe. Tuang-tuang, diraup pakai tangan, pindahin antar mangkuk kecil, mangkuk kecil yang penuh biji jagung diangkat dan dilihat dari bawah, memindahkan hanya ke 1 mangkuk kecil hingga penuh, dll.. Tapi ternyata dengan suka-suka ini banyak banget mengenalkan konsep. Penuh-Kosong, Berat-Ringan, Banyak-Sedikit, Besar-Kecil, dll.


Mommy siapkan sendok bebek, sendok teh, dan sendok makan. Supaya Kareem mencoba dan jadi kenal bahwa sendok teh ukurannya kecil, sendok makan besar. Sendok teh menampung sedikit biji jagung, sendok makan menampung banyak biji jagung.



Selesai main ayo kita bikin pop corn 😋. Camilan untuk Kareem, mommy, dan daddy.. hehe. Seneng banget Kareem liat pas bikin pop corn, ngembang-ngembang, meledak-meledak, loncat-loncat.

Alhamdulillah 😊

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 24 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 2

Bismillah

Menemukan matematika di sekitar kita hari ini adalah tentang perbandingan ukuran. Padahal ga semua kegiatan mommy rencanakan, tapi pas banget berkaitan dengan perbandingan ukuran. Besar-kecil dan Panjang-pendek menjadi 'momen aha' kami hari ini 😁.


Masih bermain dengan mencocokan bentuk dan warna lego. Kali ini level 2 nya. Hehe 😁. Jadi ada lego dengan warna yang sama tapi berbeda ukuran 😁. Udah makin jago meski kadang ada yang kebalik, abis mommy bikin warna di kertasnya kurang jelas 😅. Kegiatan ini sekalian mengenalkan pada Kareem panjang-pendek, melalui gerakan. Ayo gerakkan tangannya.. Panjanggggggg.... Pendek 😊. Lego hijau yang pendek disimpan dimana? Lego hijau yang panjang disimpan dimana?



Selesai main lego kita baca buku, Kareem yang pilih dan 'baca'. Kareem 'membaca' halaman yang sedang membuat urutan planet menggunakan bola. Jadi sekalian mengenalkan juga bola tenis kecil, bola sepak dan bola basket besar.

Sore ini kita ikut nenek belanja ke Griy*. Tempat favorit Kareem adalah bagian ikan-ikan 😅😎. Anteng dan betah lama-lama disana. Matematika disini ternyata bukan berkaitan dengan 'ikannya', tapi ke pencapitnya.. wekekeke. "Mami ambi capit cil" (Mommy ambil capit kecil). Karena capit yang kecil aga jauh, yang deket Kareem capitnya besar 😂. Hihihiii.. Alhamdulillah udah makin paham perbandingan ukuran 😍.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 23 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 1

Bismillah

Masuk tantangan level 6, Temukan Matematika di Sekitarmu. Mengawali hari pertama tantangan, pagi ini mommy mengajak Kareem menggunakan gelas ukur untuk memasak nasi. Kareem mengambil beras menggunakan gelas ukur, kemudian memasukan ke wadah, lalu kita cuci sama-sama. Sekalian practical life skill ya nak dan supaya kita tahu berapa gelas beras yang kita butuhkan untuk makan sehari, balada baru pindahan.. hehe 😁.



Awalnya mommy merasa agak repot memasak sambil membersamai Kareem, takut kena kompor, takut kena pisau, dll. Sekarang mencoba lebih santai dengan mengajak Kareem memasak. Memberi Kareem 'tugas' yang sesuai kesanggupannya, justru membuat anaknya excited, dan nanti daddynya akan dapat laporan "kaim udah pasak ini" (Kareem udah masak ini). Kakak Kareem, kita sama-sama belajar ya sayang 😘

Selesai memasak kita lanjutkan menemukan matematika disekitar kita dengan open ended play Lego. Bebas legonya mau Kareem apakan. Awalnya bikin pagar untuk parkir dump truck dan kawan-kawannya, lalu bikin es krim 😁. Yang diinget nambonya, "is kim buat namboh" (Es krim buat nambo).


Sorenya mommy ajak Kareem mencocokan bentuk dan warna lego. Taunya anaknya udah lancar dan nagih mainan lain.. hohohoo.. besok insyaAllah kita bikin mencocokan bentuk dan warna lego level selanjutnya ya sayang.. 💕



Temukan matematika di sekitarmu, seru sekali materi kali ini. Materi lain juga seru sih.. hehehe, keseruan yang berbeda-beda. Semoga Kareem tumbuh menjadi pribadi yang SUKA matematika 😘.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 01 November 2017

MengASIhi Kareem

Bismillah


22 bulan 9 hari

Mommy kira, mommy akan biasa aja kak, tapi pas liat kakak tidur sekarang mommy nangis sejadi-jadinya. Inget momen bersama kakak.. Mommy akan sangat merindukan pelukan kakak saat tidur di dada mommy.

Kalau dulu pas demam seperti ini pasti kakak tidur sambil 'ngintil', banyak minum ASI supaya demamnya cepat turun. Tapi sekarang...

Barakallah nak.. seminggu setelah disapih, meminta 'mimi dua' pun tidak kakak katakan.

Kakak tidur, tapi masih agak gelisah, mulutnya beberapa kali terbuka, seperti gerakan mencari.. tiga kali seperti itu. Tak lama menutup dan ada ada sebutir air mata di ujung mata kakak. Mommy menangis kak melihatnya, mommy sangat sangat sedih kak.. Maafkan mommy, mommy sungguh-sungguh sangat menyesal, karena mungkin ada beberapa momen mengASIhi bersama kakak yang mommy lewatkan. Maafkan mommy kak..

Alhamdulillah Ya Allah..
Kak, terima kasih karena mau berjuang bersama mommy 22 bulan 9 hari ini, memang lebih cepat 2 bulan dari rencana kita ya kak. Maafkan mommy sayang.

Kak, mungkin sesungguhnya bukan kakak yang membutuhkan ASI mommy, tapi mommy yang membutuhkan kakak..

Kareem Muhammad Athalla.. terima kasih sayang. Kareem sudah ridho ya nak? Mommy juga ridho sayang, insyaAllah. Semoga berkah untuk bekal kehidupanmu ya nak, apa yang dilakukan bersama mommy 22 bulan 9 hari ini.

Semoga, mommy tidak akan melewatkan momen-momen bersama Kareem lagi, sehingga tidak akan lagi ada penyesalan.


#mommyKareem

Kamis, 21 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-11

Bismillahirrahmanirrahim

Mengamati gaya belajar Kareem. Sebetulnya masih belum terlihat apa yang paling dominan. Rasanya semua dominan 😂

Melalui percobaan, permainan, di luar rumah. Ini paling bikin Kareem semangat. Ga sabar nunggu saya yang sedang menyiapkan permainannya. Terharu sendiri jadinya.. makasih ya sayang udah mau main bersama mommy 😘

Sama kaya hari ini. Udah ga sabar, ketika saya menyiapkan permainannya. Apa lagi sekarang ngomongnya makin pinter.
"Mami ayu mami"
"Hayu kemana?"
"Uaw" (luar)
"Ngapain di luar?"
"Main" katanya.

MasyaAllah nak, semoga bisa terus membersamai Kareem hingga Kareem dewasa ya. Semoga kami bisa mengetahui gaya belajar yang paling dominan pada Kareem dan kami dapat menemukan potensi emasmu nak. Agar kelak Kareem bersinar dan memberikan manfaat bagi banyak orang, insyaAllah.

Kegiatan kami hari ini stimulasi indra pengecap dan pendengaran Kareem. Mencoba 4 rasa, asam, pahit, asin, dan manis. Lalu kami menuang air ke botol dengan ketinggian yang berbeda. Jika botol diketuk dengan sendok akan menghasilan suara yang berbeda pula. Bagi Kareem, suaranya seperti suara tukang bubur. Hahaha.. alhamdulillah 😁


Auditori, Visual, dan Kinestetik.. kita sama-sama stimulasi ya nak..

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday11

Selasa, 19 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-10

Bismillahirrahmanirrahim

Masih tentang mengenal gaya belajar anak. Lonjakan bahasa Kareem, membuat saya berpikir auditorinya dominan. Apa yang didengar di ikuti. Kalau ketemu alfabet, dieja dengan "ba, ta, sin, da". Kalau ditanya k? aim (Kareem), m? mami, d? daddy, p? pahman (paman).

Inilah saatnya mengajarkan hal-hal baik lewat apa yang di dengarnya. Stimulasi auditori Kareem insyaAllah baru akan dilakukan lusa. Sekalian mengenal huruf, s untuk suara.

Selama ini yang paling banyak dilakukan adalah stimulasi visual dan kinestetiknya. Seperti keseeruan hari ini bermain oobleck. Auditori sebatas saya bercerita atau Kareem berhasil melakukan perintah sederhana.


#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday10

Senin, 18 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-9

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah hari ini berkesempatan ajak Kareem ke majelis taklim. Di hotel bnb jadi deket. Heuheu

Amunisi tuk Kareem saya bawa jelly, susu uht, dan air mineral aja.

Sampai tempatnya Kareem aga kaget sama suara sound yang cukup besar. Tapi masih tetep mau diajak ke dalem. Untuk beberapa saat anteng duduk makan jelly 😁.

Udahnya ngajakin keluar, bosen kayanya.. hoho. Mommy nya juga lupa ga bawain mainannya Kareem 😅. Akhirnya dibilangin keluarnya kakau pak ustadznya selesai ceramah Alhamdulillah mau anteng lagi. Ga jauh dari tempat kita duduk ada kakak-kakak juga duduk. Ada kakak laki-laki lagi nonton you tube.

Selama ceramah Kareem sambil nyanyi-nyanyi. Mulai dari kereta api, cicak di dinding, sampe baby shark. Kakak laki-laki ini denger Kareem nyanyi baby shark, akhirnya buka you tube baby shark sambil ngikutin gayanya.

Gak lama, akhirnya mereka bisa berbaur. Kareem nebeng nonton you tube. Abis itu lari-lari, tapi ga jauh dari saya.


Hmmm.. sebetulnya ini akan jadi PR untuk kami. Bagaimana membuat anak anteng selama kami 'belajar'. Kasih HP sebetulnya bukan solusi, malah nambah PR kedepannya.. huhuhu.

Semoga PR ini bisa teratasi ketika nanti kami sudah tau, gaya belajar apa yang paling dominan pada anak. Selagi indranya berkembang menuju optimal, ada baiknya lain kali kalau mau datang ke majelis taklim saya siapkan cemilan dan mainan kesukaan anak.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday9

Sabtu, 16 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-8

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah menyempatkan melipir ke acara Family Fun Day IIP di Masjid Salman. Daddy ada kerjaan di Jakarta, jadi kita jalan-jalan hari ini sama Eyang dan Nambo.
Mepet banget datengnya, menjelang Asar, dan udah pada bubar 😂

Tapi Alhamdulillah Kareem seneng lari-lari di pelataran masjidnya. Dikasih balon sama tante katanya. Makasih ya tante 😁.

Sambil teteup mengamati gaya belajar Kareem. Kalau diliat gini sepertinya kinestetik ya Kak 😁. Di tempat undangan manjat-manjat pager. Di masjid salman lari-lari, boboan di rumput, naik batu, dan 'belajar' loncat.


Semoga nanti kalau Kareem udah lebih besar ada lagi acara Family Fun Day seperti ini. Karena asyik banget ada mendongeng, penahan, balbalan futsal, cooking, happy club, apa lagi yaa.. kayanya masih banyak yang belum kesebut 🙏

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday8

Jumat, 15 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-7

Bismillahirrahmanirrahim

Hasil dari Kareem mengenal huruf sampai saat ini adalah kalau ditanya..
"K.."
"Aim" (Kareem) jawabnya
"D.."
"Dedi"
"M.."
"Mami"
"P.."
"Pahman" (Paman)

Dan kalau Kareem lihat huruf alfabet dia eja "ba, ta, sin" 😂😅

Alhamdulillah. Apa ya nak yang dominan?
Kalau liat sekilas sepertinya kinestetik auditori. Tapi liat Kareem bisa anteng baca buku dan minta berkali-kali dibacain  atau baca gambar versi Kareem, sepertinya visual juga 😂

Berkaitan dengan mengamati gaya belajar anak, saya juga mulai menumbuhkan nilai-nilai agama.

Visual membaca Al Quran dan mengaitakan gambar di buku dengan cerita dalam Al Quran.

Auditori one day one juz. Membiasakan mendengar mengulang juz yang sama selama 7 hari.

Kinestetik mencoba melakukan kegiatan keagamaan. Berdoa dengan mengangkat tangan. Melakukan gerakan shalat.

Hari ini Kareem ambil pecinya, dia pake. Kemudian menggelar sajadah kecilnya. Shalat dhuha, subhanAllah.


Betapa pentingnya orang tua menjadi teladan yang baik untuk anak-anaknya.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday7

Kamis, 14 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-6

Bismillahirrahmanirrahim

Masih tentang tantangan 10 hari mengamati gaya belajar anak. Dan sampai saat ini berkesimpulan ketiga gaya belajar tersebut (auditori, visual, dan kinestetik) bikin 'belajar' Kareem makin maksimal. Kayanya kalimatnya kurang tepat ya.. harusnya stimulasi ketiga gaya belajar tersebut bikin 'belajar' Kareem makin maksimal.

Auditori. Perkembangan bahasanya Kareem Alhamdulillah lagi pesat banget. Tiap kata yang baru di dengarnya diikuti. Beberapa kali saya nyanyikan lagu yang baru didengarnya, kata akhirannya bisa diikuti. Termasuk saat saya iseng nyanyi baby shark do do do.. 😅😂

Visual. Kerasa banget pentingnya memilihkan buku yang menarik dan sesuai usia anak agar bisa menumbuhkan minat baca sejak kecil. Kadang saya terharu sendiri kalau Kareem 'membaca gambar' dan minta baca buku berulang kali. Bagun tidur pagi ini Kareem langsung ambil buku barunya. Seneng dan menarik, Alhamdulillah.


Kinestetik. Mitos atau fakta ya, anak laki-laki lebih aktif? Hehe. Kegiatan bergerak-gerak masih terus dilakukan supaya energi Kareem tersalurkan. Kalau saya ga bikin kegiatan khusus? Seharian Kareem cukup bergerak sepertinya, hobi barunya jalan dan loncat diantara kursi 🙈

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday6

Rabu, 13 September 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari Ke-5

Bismillahirrahmanirrahim

Saya sempat beberapa kali ngetes Kareem berhitung dan bernyanyi. Alhamdulillah lancar berhitung satu sampai sepuluh 😁. Nah saat ngetes ini keliatan banget kalau kinestetiknya (lagi) dominan. Pasti sambil goyang-goyang lah, loncat-loncat, atau menggerakan benda.

Bernyanyi dan berhitung ini Kareem belajar dari saya yang menyuarakan. Auditorinya dominan ya. Hehe 😁

Stimulasi kami hari ini adalah mencoba mewarnai menggunakan cat air. Seru dan alhamdulillah Kareem anteng soleh mengikuti arahan saya dari awal sampai akhir 😁. Pertama kali ya nak kita gunakan cat air, menarik bagi Kareem.




Stimulasi visualnya adalah Kareem sudah mampu membedakan dan menyebutkan warna.

Stimulasi auditorinya adalah ketika mengikuti arahan saya "Ayo warnai bagian yang masih putih".

Stimulasi kinestetiknya adalah menggerkan kuas 😁. Menyapukan ke kertas, celup ke warna, celup ke air bilasan, dan berulang-ulang. Selain itu juga Kareem sekarang udah bisa menahan kertas ketika mengolesi lem.

Alhamdulillah. Seru ya nak 😍

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#Mengamatigayabelajaranakday5