Senin, 26 Desember 2011

Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan

Bismillahirrahmanirrahim

Ini buku pertama karya Salim A. Fillah yang saya baca.. Hehe
Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan


Buku ini gak kalah buat perasaan campur aduk seperti buku-buku yang sebelumnya saya baca. Pada bagian awal, pada bab "Indah-nya pacaran dengan Salim" ada kata-kata, (maaf izin share ya Pak Ustadz :D), "Tetapi, nikmatnya pacaran setelah pernikahan, dari buku kekenyataanya membuat saya menyesal. Kok ga dari dulu..." Hahahahahaaaaa :D

Satu pikiran saya saat itu "jangan -jangan setelah membaca buku ini bikin saya pengen cepet nikah (lagi)" hoooaaaalaaaahhhh...
Tapi ternyata pemikiran saya itu tidak terbukti, setelah baca buku ini bukannya saya pengen cepet nikah (lagi), tapi saya jadi pengen lebih cepet-cepet-cepet menikah.. hahahaa... heuuuu...
Buat yang lagi galau, baca deh buku ini, saya gak jamin kalau galaunya bakalan ilang.. heheee... tapi saya menjamin galaunya akan lebih terarah, kita jadi lebih paham, kita jadi lebih tahu apa yang semestinya kita lakukan.. Wallahualam.. :)

Membaca buku ini (semoga Allah membukakan pintu ilmu-Nya pada kita), membuat kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena wanita yang baik untuk pria yang baik, pun sebaliknya, pria yang baik untuk wanita yang baik (An Nur : 26). Tapi jangan sekedar hanya "ingin", harus dilaksanakan..
Mengutip kata-kata dari buku ini, Al Imam Ibnu Dawud Azh Zhahiri memberikan definisi cinta, "Cinta adalah cermin bagi orang yang sedang jatuh cinta untuk mengetahui watak dan kelemah lembutan dirinya dalam citra kekasihnya. Karena sebenarnya ia tidak jatuh cinta kecuali kepada dirinya sendiri"
Waaaawww... super sekali.. :D
Intinya menjadi solehah agar dipertemukan dengan seorang yang soleh juga, yang nantinya akan saling menyolehkan setiap diri ketika menua bersama..

Masih pada bagian awal, membuat kita banyak-banyak ber-istighfar, banyak mengucap nauzubillah, dan banyak-banyak mengucap syukur.. betapa cintaNya Allah pada kita sehingga lewat buku ini Allah mengingatkan kita.. :)
Pada bagian awal juga, mungkin akan ada pikiran kita yang membatin "Waw, Gue banget seeeh" hahahahaaa... Semoga 'gue banget'nya untuk hal-hal yang baik yaa.. Tapi ketika saya membaca bagian-bagian awal banyak saya membatin "Ohhhhh... Co cuuuuwiiitttt" (ditulis : So sweet). Hahahaaa..

Setelah bagian-bagian awal, pada bagaian selanjutnya kita banyak diberikan contoh tentang kehidupan pernikahan Rasulullah, serta keluarga dan sahabat Beliau. Waw, alhamdulillah ilmu jadi semakin bertambah (bagi yang sudah tahu, insyaAllah jadi semakin bertambah mantap).. :D

Banyak sekali ayat-ayat Al Qur'an dan Hadist yang dituangkan dalam buku ini, bersama dengan beberapa tafsir Al Qur'an.. Heheheee, memang sudah seharusnya begitukan, berdasarkan Al Qur'an dan Hadist :)
Ada beberapa hadist yang baru pertama kali saya tau juga.. huhuuuu.. Masih patut disyukuri ko, dari pada tidak tahu sama sekali.. :D
Tak jarang ketika membaca buku ini juga kita senyum-senyum sendiri, betapa cintanya Allah pada HambaNya, atau kita menangis karena teringat kelalaian kita dan dosa yang kita lakukan.. Astagfirullah.. Ya Rabb maafkan kami..

Buku ini hadir, agar yang belum menikah
menjalani penantiannya dengan kesucian nan gagah..
Juga agar yang sudah menikah
menghadirkan saat-saat indah penuh berkah..

Buku ini dipersembahkan untuk mereka
yang lagi jatuh hati atau sedang pacaran bersama doi
yang dipenuhi hasrat nikah dini tapi belum bernyali
yang sedang menjalani proses pernikahan penuh liku
dan yang ingin melanggengkan masa-masa indah pernikahannya

Mengutip salah satu status teman saya di Facebook,
"Berani mencintai, harus berani juga menikahi" :D
Apalah artinya cinta tanpa ada ikatan yang suci?
Tanpa ada dasar iman yang kuat?

Cinta akan lenyap dengan lenyapnya sebab...
(Ibnul Qayyim Al Jauziyah, dalam Raudhatil Muhibbin)

saya lengkapi dengan pernyataannya Imam Nawawi ya..
"aku mencintaimu karena agama yang ada padamu, jika kau hilangkan agama yang ada dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu"

Sudah sangat jelas sekalikan ya, dan juga ada sabda Rasulullah "...maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya..."

Wiwwww... pokonya buku ini lengkap deh, membahas tentang pernikahan.. Salim A. Fillah juga banyak memberikan referensi buku lainnya yang patut kita baca.. :D
Kalau belum punya buruan beli di toko buku terdekat, kalau gak pinjem punya temen juga boleh.. heheee

Tentang buku : Fillah, S. A. 2011. Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan. Pro-U Media, Yogyakarta.


Jika kita saling mencintai,
semoga Allah selalu menuntun kita pada jalan yang diridhoi-Nya,
mempertemukan kita dalam ketakwaan padaNya,
berbingkai ikatan yang suci..
Jika ternyata tidak,
Allah punya seseorang yang lebih baik dari saya untukmu,
dan Allah juga punya seseorang yang lebih baik darimu untuk saya..
Semoga kita selalu istiqamah di jalanNya

Ya Allah, saya ingin belajar lebih banyak lagi
Bandung, 7 tahun sejak tsunami di Aceh
Nafsa Karima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar