Jumat, 09 Desember 2011

campur aduk kaya rendang ketemu gudek

bismillahirrahmanirrahim

tujuan menulis ini tujuannya singkat saja, jadi nanti lagi kalau ada yang tanya (lagi).. saya jawab "baca aja di blog" heheeee :D

coba bayangkan, apa jadinya jika rendang ketemu gudek??
menurut saya sih uenak tenan, mantaps.. :D
heheheee, bukan tentang ini yang mau saya tulis.. :p

jangan heran jika sewaktu-waktu saya berkata Jogja, Solo, Wates adalah kampung halaman saya..
jangan heran juga diwaktu yang lainnya saya berkata Padang, Medan adalah kampung halaman saya..
jangan heran lagi kalau saya berkata Bandung kampung halaman saya, toh saya memang dilahirkan, dibersarkan, disekolahkan, dinikahkan (*uuuuppppsss... keceplosan :p) di Bandung.. selama 22 tahun terakhir ini di tanah Pasundan inilah saya hidup.. :D

Orang tua ayah itu orang Padang, tapi sudah merantau ke Medan, ayah dilahirkan dan sekolah hingga SMA di Medan, kemudian kuliah di Bandung dan membangun keluarga kecilnya di Bandung..
Banyak yang bilang wajah saya "Padang bangetttt..." hahahaaaa... atau juga Melayu banget.. :))
Wajarlah, orang Ayahnya orang Padang :)
Sedikit fakta tentang saya (hehehee sombong :p) : SAYA BELUM PERNAH MENGINJAKAN KAKI KE PADANG.. (huhuhuhuuuu,,, miris banget gak sih?)
Wajah Padang tapi belum pernah sama sekali ke PADANG.. :p
Kalau orang Padang ngebacanya "padang anyuat" (padang hanyut)
Ngomong-ngomog soal wajah Padang atau wajah melayu, saya banyak mengalami hal-hal yang seru..
1. Suatu ketika ada mahasiswa dari Malaysia ke kampus saya, teman saya nyuruh saya ikut nemuin mereka, alasannya biar disangka temennya -___-"
ketemu deh ama 2 orang Malaysia itu, setelah ngobrol-ngobrol (pake Bahasa Inggris campur Bahasa Melayu), orang Malaysia yang cewe nanya pake Bahasa Inggris, pertanyaannya bikin saya bengong, bukannya bengong karena nanyanya pake Bahasa Inggris loh.. :p tapi bengong karenya dia nanya yang artinya "sudah berapa lama di Indonesia?" Haaaaaaa????????
"(dalam hati : sejak lahir)" Hahahahahaaaa.. orang Malaysia nyangka saya orang Malaysia??
Looooh ko bisaaaa? Padahal saya ini Indonesia banget, berjiwa merah putih :)
2. Kejadian disangka orang Malaysia ini sudah terjadi beberapa kali, tapi dalam hal yang berbeda.. Ketika dapet kenalan baru, kadang sering orang bertanya "orang mana?" kalau isengnya lagi kumat, saya jawab "Malaysia" kalau ada teman saya segeng yang bisa diajak gang-geng-gong dia sering nambahin "Iya, tapi udah didepotase" hahahaaa... tapi tuh orang baru seringnya percaya aja, atau keliatannya percaya aja ya? :p
3. di Unpad tidak hanya mahasiswa pribumi saya yang kuliah, ada mahasiswa Malaysia dan India.. nah kalau lagi pas-pasan ama orang Malay, temen saya sering berkata "tuh cha temen kamu" huuaaa... saya ini orang Indonesia >,<
4. Ada temen saya yang malah bilang saya orang India.. ????? makin aneh aja >,< dia manggil saya kadang dengan sebutan "Indiaaa...." *duuuhhh jadi pengen joget.... ZzzZZZzzzZZZzzz :p
5. Waktu SMA dulu saya sempet ikut-ikutan lembaga konservasi burung, waktu lagi jalan-jalan ke Dago Pakar, salah satu pembimbingnya berkata "bukan orang sini ya?", looooh... ko bisa tahu? "abisnya nada bicaranya beda"... Perasaan kalau saya ngomong ga beda ama orang Bandung kebanyakan deh.. Kecuali memang saya (alhamdulillah) tidak pernah tertukar antara p, f, dan v.. *uuuppsssss... maaf Bandung.. peace :D

Pengen deh ada yang bilang ke saya, "orang Jawa ya?" huhuhuuuu kayanya belum pernah denger kalimat ini... Biar bagaimanapun juga saya juga memang orang jawa.. Ibu itu asli produk JAWA.. ayahnya orang SOLO ibunya orang WATES beberapa saudara banyak yang tinggal di JOGJA..
Ibu emang suka pedes sama kaya orang padang (bahkan pedesnya ibu ngalahin pedesnya padang), pantesan aja ibu doyannya ama Ayah (hehehee :D)..
kalau saya suka ama pedes dan manis, doyannya nanti ama orang mana yaa? hahahaaa :))

di rumah, saya tidak berbahasa daerah... Hikkzzzzz... sedih deh.. >,<
mau bahasa jawa, ayah emang ngerti?
mau bahasa padang, ibu emang ngerti?
mau bahasa sunda, emang pada ngerti?
Hahahahaa :))
enjoy aja lah pake bahasa Indonesia, bahasa pemersatu bangsa.. :)
tapi saya harap suatu ketika nanti saya dapat berbahasa daerah di rumah :D

Kejadian yang menurut saya paling lucu kalau ada telefon..
Kalau ada telefon dari keluarga ayah, si penelefonnya suaranya ceria dan BERSEMANGAT banget.. :D
Kalau ada telefon dari keluarga ibu, (beda 180 derajat), suaranya lemes banget.. "ndo.. ibu ada?"
Hihihiiiiiwwww... ingin deh ikutan melestarikan bahasa daerah..
Lain halnya jika saya ada ditengah-tengah masyarakat Pasundan.. Beeeuuuhhhh, bahasa sundanya mantap.. :D sering bikin saya bengong... padahal udah 22tahun di Bandung tapi bahasa sunda saya kalah jago ama anak kecil >,< yang saya inget waktu belajar bahasa sunda hingga SMP cuma "kecap-kecap-an" dibacanya bukan ke-cap tapi keu-cap.. :D kecap itu kata (bener gag yaaa???)
kalau ada orang yang berbicara menggunakan bahasa sunda, padang, melayu, dan jawa.. saya mengerti.. tapi maaf maaf aja yah kalau saya nanti ngejawab pake bahasa indonesia :D

Jiaaaahhhh... ini tulisan jadi ngelantur kemana-mana.. >,<
beneran campur aduk..
Kaya rendang ketemu gudek, tapi masih tetep enak ko.. :D
semoga masih tetep enak dibaca juga ya :p

Ya Allah, plaese banget ini..(heheheee maksa)
semoga selalu berjodoh dengan Bandung

Bandung, 9 Desember 2011
Nafsa Karima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar