Selasa, 31 Desember 2013

ODOJ #1062

bimillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, saya punya 29 orang teman baru loh dengan beragam profesi, beragam dareah, dan beragam usia.. tapi punya tujuan yang sama, apa itu? One Day One Juz (ODOJ)
Sharing ya tentang pemikiran saya..
Partner walikelas saya dan beberapa orang guru di sekolah sudah terlebih dahulu mengikuti progran ODOJ ini..
Saya pikir,, sanggup gak ya saya kalau ikutan? Saya biasa tilawah setelah itu membaca artinya, minimal 1 hari 4 halaman.. Ini harus 1 hari 1 Juz..
Nanti aja deh kapan-kapan,, sayanya belum siap kalau cuma baca arabnya saja tanpa artinya.. gak ngerti maksudnya kalau gak baca bahasa indonesianya.. hehe itu yang ada dalam pikiran saya..

Hmmm,, gawat ga tuh pikiran saya, belum dicoba udah bilang gak siap.. hahahay.. pake dalih gak siap kalau cuma baca arabnya aja lagi.. hadeuhhh...

Hingga di grup guru di sekolah saya temukan tulisannya Jamil Azzaini, izin share dari grup beliau yaps..

Saya tahu istilah One Day One Juz (ODOJ) dari twiter. Dari namanya tentu Anda bisa menebak apa aktivitasnya. Ya, dalam satu hari kita menyelesaikan membaca Al Qur’an satu juz. Beberapa follower saya mengirimkan bahan untuk membantu promosi. Namun karena saya belum menjalankan program ini saya tak bersedia mempromosikannya.
Bagi saya, apa yang saya promosikan dan sarankan maka saya harus menjalankannya terlebih dahulu. Saya paling tidak nyaman dan tersiksa menyarankan atau mengajak orang melakukan sesuatu sementara saya sendiri belum menjalankannya. Maka program ODOJ ini saya anggap “angin lalu” ketika itu.
Sampai suatu hari, sebelum saya terbang ke Hongkong, di bandara saya skype-an atau webcam-an dengan anak pertama saya Nadhira di Jerman. Saya berbincang tentang berbagai topik selama kurang lebih satu jam. Di sela-sela perbincangan itu Nadhira bertanya, “Bapak ikut program One Day One Juz, gak?” “Tidak,” jawab saya.
Seketika itu Nadhira membombardir saya dengan berbagai pertanyaan, “Bapak sanggup kan ngisi training dua jam tanpa henti setiap hari? Program ini paling hanya satu jam setiap hari, masak sih bapak gak punya waktu?”
“Bapak sanggup kan membaca buku-buku yang bapak senangi berjam-jam? Tetapi mengapa untuk membaca Kita Suci dari Allah bapak enggan?” tambahnya lagi.
Belum sempat saya menjawab, Nadhira sudah membuat pertanyaan renungan lagi, “Siapa yang membuat bapak sanggup mengisi training berjam-jam? Allah, kan? Siapa yang membuat bapak bisa menulis setiap hari? Allah, kan? Tetapi mengapa bapak jarang membaca surat cinta dari Allah? Malu dong pak. Katanya bapak ingin memeluk Rasulullah masak membaca satu juz setiap hari gak sanggup. Ayo pak, bapak pasti bisa!”
Usai webcam-an dengan Nadhira saya mencari mushola di Garuda Lounge, saya bersujud dan menangis sepuas-puasnya. Di mushola kecil itu saya berbisik lirih, “Hampir setiap hari saya berbagi ilmu personal development dan leadership tetapi saya sedikit bercengkerama dengan sumber ilmu yaitu Kitab Suci yang kebenaranya dijamin pasti.”
Batin saya terus bergejolak, bisikan dari dalam hati kembali muncul, “Sang Nabi yang ingin saya peluk berada di tempat yang tinggi, tidak mungkin saya sampai tempat itu bila tak membaca Kitab Suci. Duh, betapa rendah dan hinanya diri ini. Sungguh tak pantas menginginkan sesuatu yang tinggi namun tak diiringi aksi yang mampu mencapai tempat yang tinggi itu.”
Akhirnya, One Day One Juz adalah program baru yang akan saya lakukan secara rutin di tahun 2014. Kini saya sedang berlatih menyiapkan hal itu setiap hari. Terima kasih kepada penggagas program ODOJ, juga terima kasih kepada anak pertamaku Nadhira. Semoga setiap huruf yang saya baca pahalanya mengalir kepada kalian semua. Kesadaran berbuat baik memang terkadang datang memerlukan waktu dan perantara, tapi lebih baik terlambat dibandingkan tak terlibat.
Salam SuksesMulia!

Tulisan ini beneran menyadarkan saya..
Beberapa hari sebelum berganti tahun, ODOJ juga menjadi salah satu resolusi saya di tahun 2014, bismillah..
Beberapa hari ini sudah melakukan pemanasan dengan membaca 1/2 juz 1 hari sih.. hehe.. meski baru 3 kali :p
Semoga Allah berikan kemudahan ketika kami melakukan ODOJ ini,
Semoga Allah izinkan kita untuk lebih dekat padanya melalui ODOJ..

Hayooo mari bergabung di ODOJ :)
Saya baru tergabung hari ini, tapi Alhamdulillah senangnya karena punya 29 orang teman baru :)
Belum mulai nih ODOJ nya, semoga bisa segera dimulai..

Hayooo,, mau alasan apa lagi buat gak ikutan?
Gak mau karena ada partai politik tertentu..
Hallow, ambil baiknya aja.. :) saya juga bukan aktifis partai ko.. warga sipil biasa..

Nanti insyaAllah saya tetap membaca artinya juga ko, yang biasanya tilawah dan baca arti 1 hari 4 halaman, bagus kalau bisa tilawah dan baca arti 1 hari 1 juz.. kalau ga insyaAllah mau disempatkan membaca artinya 1 halaman.. :)

Bismillah, semoga Allah izinkan kami untuk mendekat pada-Nya..


Bandung, 31 Januari 2013
Follow di : @coklatchaca

ketika aku kembali

bismillahirrahmanirrahim

innalilahi wa innailaihi rajiun

Baru terbangun setelah semalaman tidak tidur.. aku kira itu mimpi, mendampingimu disaat - saat terakhir hidupmu, memandikanmu, membersihkan seluruh tubuhmu, mengkafanimu, mengantarmu, dan menguburkanmu... aku kira itu mimpi... sungguh itu aku kira mimpi,,, tapi tidak sahabat itu bukan mimpi.. itu adalah realita bahwa kau telah pergi untuk menempuh hidup baru yang sesungguhnya... masih kelu lidah ini, masih kaku tangan ini karena kau tak lagi disampingku, namun kubangga melihat mu pergi dengan ketenangan, akulah saksi bahwa engkaulah penjuang gigih bagi keluargamu, sang maestro bagi karya-karya inspiratif,.. bahwa perjuanganmu melawan penyakitmu itu 3 bulan terkahir benar-benar seperti syair yang kau ciptakan itu..."JIKA KU HARUS MATI.. PERTEMUKAN AKU DENGANMU.... " selamat jalan sahabat, selamat berjumpa dengan pemilik melodi-melodi indah itu.. Dia lah Allah Sang Maha Kuasa yg menitipkan talenta melodi di jiwamu... selamat jalan sahabat.. semoga kita juga nanti kan dipertemukan di surgaNya, berkumpul kembali layaknya hari kemaren saat kau ada hingga pada saat pertemuan kita 20 tahun yang lalu.....

[Kang Eggie Gusthaman, Sahabat kang ADEN EDCOUSTIC]

Perkenalkan. Namaku Deden. Orang-orang dekat memanggilku Aden. Alias Aa Deden. Aden lebih aku sukai, soalnya lebih keren dibanding nama asliku hehe..

Aku lahir hari selasa, 24 Juli tahun 79. Menurut riwayat, aku dilahirkan di rumah sakit Sariningsih Bandung. Rumah sakit bersalin keluarga para tentara, karena ayahku seorang ABRI. Aku terlahir sebagai anak kedua dari empat bersaudara. Ibuku seorang lulusan SD yang pintar menjahit. Ayahku perantau dari Sumedang dan meninggal saat usiaku 2 tahun.

Sejak kecil aku dikaruniai bakat seni. Seni menyanyi, seni melukis, seni bicara, seni menulis, seni menari, dan seni berakting. Padahal orangtuaku jauh dari yang namanya bakat seni.

Jika mamaku berkaraoke, tutuplah telingamu. Karena suaranya parau dan nadanya kacau. Menurut mama, ayah juga tak punya darah seni.

Kamu tahu dari siapa? Darah seniku turun dari bibiku. Bibi Ida namanya. Sejak kecil, sejak ia masih gadis, aku sering diasuhnya. Seakan-akan aku ini anaknya. Ia pintar menari jaipongan, dan juga pandai menyanyi dangdut. Darah seni itu akhirnya menular kepadaku.

Aku bersyukur karena hidup dalam keluarga yang serba pas-pasan. Keluarga dengan golongan ekonomi kelas bawah. Rumah kami bertitel RSS, rumah sangat sederhana. Dulu sebelum rumah kecil itu diperluas bangunannya, kami harus berbagi tempat untuk tidur. Bertumpuk-tumpuk di satu ruangan. Dengan penghasilan mama yang seadanya, membuatku rela berjuang untuk bisa sekolah sampai sarjana. Rela jadi siswa dengan panggilan TU terbanyak, karena iuran sekolahnya belum dibayar-bayar. Rela bekerja jadi buruh toko di Timezone untuk mengumpulkan uang demi masuk kuliahan. Rela jadi guru les privat ke rumah-rumah agar bisa bayar uang semesteran. Aku berterima kasih karena semua itu membuat aku mengerti apa arti berjuang. Apa makna bekerja keras. Karena semua itu membuat aku menjadi orang tangguh. Orang yang percaya bahwa semuanya tak ada yang tak mungkin.

Hidup itu ibarat petualangan. Kita tidak tahu besok apa akan menangis ataukah tertawa. Menangis atau tertawa bagiku semua adalah keindahan. Seindah alam raya. Kenapa terasa indah? Karena aku menikmati semuanya, menikmati kehidupanku. Jika orang merasa bahagia oleh hasil hidupnya. Aku justru bahagia karena menikmati proses hidupku.

Bagiku hidup adalah berkarya. Sebab petualangan perlu dicetak menjadi karya. Meski itu sedang menangis atau tertawa. Semua menjadi sebuah karya. Sesuatu yang bisa dimanfaatkan olehku dan oleh orang lain. Selagi Tuhan masih memberiku waktu, berarti selama itu pula aku akan terus berkarya. Dan jika aku mati nanti, biarkan karya-karya itu menjadi warisan berharga generasi selanjutnya.

from FB : EDCOUSTIC

Kang, aku hanya berpikir..
Ketika aku kembali pada-Nya..
Akan seperti apa orang tua, keluarga, sahabat, dan teman-teman MENGENANGKU..
apakah seperti Kang Eggie mengenang Kang Aden?

Semoga aku dikenang sambil tersenyum,
Bahwa pernah ada dalam hidup mereka seseorang bernama 'Nafsa Karima'


Bandung, penghujung tahun 2013

 

Senin, 30 Desember 2013

yang terjadi pada Okt-Des'13

bismillahirrahmanirrahim

ini semua nyata, saya mengalaminya, menjadi "korban", dan "korban"nya bukan hanya saya..
saya tanya ke si embah google untuk mencari tahu lebih lanjut..

Menurut penelitian yang dilakukan ilmuan di Universitas Chicago, dinyatakan bahwa seseorang dapat menjadi psikopat karena mengalami kerusakan komunikasi syaraf ke otak dibagian EMPATI atau KASIH SAYANG (1), padahal itu Asma Allah yang pertama dan kedua, Ar Rahman Ar Rahim..
Nah loh, itu lah.. empati dan kasih sayangnya tidak ada.. Hal ini bisa disebabkan akibat trauma masa lalu, hal-hal yang terjadi ketika kecil..
Yang saya sempat pelajari, ketidaktuntasan dalam tahap perkembangan seseorang sewaktu kecil akan sangat berpengaruh pada prilaku orang tersebut saat dewasa,, ini ternyata benar-benar terjadi..
Kadang masih menyangkal dan tidak percaya dalam hal ini saya (atau kami) menjadi korban, tidak habis pikir ko ada ya orang seperti itu?
Hmmm,,, mungkin Allah mau mengajarkan pada kami agar lebih berhati-hati ya,, ternyata ada juga orang yang kurang baik, memanfaatkan kebaikan orang lain..
Ada beberapa ciri atau gejala yang harus diperhatikan (2) :
  1. Sering berbohong, fasih dan dangkal.
  2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
  3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
  4. Senang melakukan pelanggaran di waktu kecil.
  5. Sikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.
  6. Kurang empati. Bagi psikopat, memotong kepala ayam dan memotong kepala orang tidak ada bedanya.
  7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
  8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Tidak ada waktu bagi seorang psikopat untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
  9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
  10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki tanggapan fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, ataupun gemetar. Pengidap psikopat tidak memiliki perasaan tersebut, karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah “dingin”.
  11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
  12. Biasanya sangat cerdas dan mungkin paling cerdas ketika dibandingkan dengan anak-anak yang lain.
  13. Biasanya banyak mengetahui sesuatu yang tidak diketahuinya dan marah jika orang lain menyalahkannya (merasa paling benar, dan biasanya anggapanya itu memang benar).
  14. Mengetahui sesuatu yang tidak diketahui. Biasanya banyak yang benar dan sangat sedikit sekali yang salah.
  15. Memiliki perkiraan dengan akurasi yang tinggi (perkiraannya jarang salah dan kebanyakan adalah benar atau benar semuanya) 
Mungkin saya masih lemah dalam masalah "perasaan" jadi dia gampang banget mengobrak-abrik perasaan saya, seseorang yang dengan sangat mudahnya berbohong.. menipu kesana-kesini.. 2 bulan mengaku-aku sebagai seseorang yang lain, berbohong.. Lupa sama Allah kali ya?
dianya yang terlalu pintar atau kitanya yang terlalu bodoh?
mau marah cha? hmmm,, saya hanya merasa kasihan.. karena saya yakin ada sesuatu di masa lalunya yang menyebabkan dia bertindaak demikian..

seperti yang selalu saya katakan..
Saya percaya pada setiap yang orang katakan pada saya, karena percaya atau tidaknya saya itu ada di dalam diri saya..
Sedangkan apa yang dikatakan orang tersebut pada saya, entah itu bohong atau benar, itu ada di dalam diri orang tersebut, bukan menjadi urusan saya jika ternyata itu bohong,,

Berbohong pada saya dan memainkan peran sebagai orang lain itu sudah benar-benar keterlaluan, apa lagi bawa-bawa keluarga,, Ini yang buat saya kesal,, Berbohong memberikan harapan kesana-kesini, memanfaatkan kebaikan orang lain..
Ini yang terjadi pada saya dimulai dari akhir bulan September 2013, saya terbawa sama perasaan memang.. Mungkin ini kekurangan saya yang membuat orang lain dapat dengan mudah memanfaatkannya..

Pelajarannya : Tetap bersikap baiklah pada semua orang, jika orang tersebut tidak baik sama kita.. Itu ada masalah dengan orang tersebut.. Dan membuat saya tetap yakin, masih banyak loh orang BAIK di dunia ini, yang dengan ikhlas bersedia membantu temannya yang kesusahan..
Tetaplah menjadi BAIK dan lebih waspada.. :)


Ya Allah, berikan pada kami jalan tengah yang terbaik..
Bantu dia agar keluar dari masalahnya dan sembuh dari 'penyakitnya'
Merugikan banyak orang..

Bandung, 30 desember 2013 
Alhamdulillah, terima kasih menjaga kami dengan sangat baik..
Engkau sebaik-baik pelindung dan penolong
Saya, belum pernah dalam 'proses' dengan siapapun..
Oh neng, rek iraha atuh? hahaha
Keep calm, Allah know the best :* 

Perhatikan poin ke-6, bikin ngeri ya.. >,<
Astagfirullah..

Minggu, 29 Desember 2013

thinking about...

bismillahirrahmanirrahim

Allah..
Ini adalah benar-benar dari lubuk hatiku yang terdalam..

Allah..
Kadang untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk saja aku sering kali masih keliru..
Tapi dengan segenap sayang-Mu, Yang Maha Penyayang diantara para penyayang,
Engkau tunjukan aku mana yang baik..

Allah..
Jika Engkau merasa aku sanggup berdiri sendiri, maka itulah aku..
Aku sanggup dan mampu, selama aku masih punya Engkau..
Tapi jikalau ternyata aku tak sanggup..
Ya Allah,
Pertemukan aku dengan seseorang yang aku dapat berpegangan padanya,
sehingga aku bisa terus berdiri..

Allah..
Kadang mana itu sayang, mana itu cinta, mana itu kagum..
Mungkin juga aku masih sering kali salah memahaminya..
Tapi dengan kesabaran-Mu, Yang Maha Sabar..
Engkau ajarkan aku cinta-Mu

Allah..
Engkau uji aku dalam kasih sayang, agar aku mengenal cinta sejati-Mu..
Mengeja cinta-Mu, agar aku paham cinta sejati-Mu..

Allah
Ajari aku untuk lebih menghargai hal-hal yang sederhana
Ajari aku lebih banyak hal yang belum aku pahami

Alhamdulillah
Terima kasih Allah, atas segala hal yang Engkau berikan,
atas hembusan nafas yang masih Engkau karuniakan
atas segenap perasaan yang menandakan "aku hidup"

Setiap kejadian yang terjadi pada kita, Dia tahu..
Dia menakdirkan itu semua terjadi, karena menurutnya kita mampu..
Setiap yang terjadi pada kita adalah kebaikan..
Yang kita sebut dengan kejadian yang menyakitkan adalah kebaikan yang tersembunyi..
Pasti ada hikmah yang lebih besar dari kejadian menyakitkan yang kita alami..
Siapa sih yang membuat sakit?
Ya sebetulnya diri kita sendiri..
Sama seperti kebahagiaan, kitalah yeng menentukan kebahagiaan kita pribadi..

So, nikmati hidup yang hanya satu kali ini..
Stop mengeluh dan berkeluh kesah..
Syukuri apa yang kita mmiliki
Kejar apa yang kita cita-citakan
Ikhlas dalam segala peran
Jangan berhenti, karena kita tak tahu kapan waktu kita terhenti
Dan yang terpenting adalah luruskan niat
Bismillahirrahmanirrahim

Bandung, 29 Desember 2013

UNIK vs ANEH

bismillahirrahmanirrahim

Semoga perbedaan antara UNIK dan ANEH itu jauhhhh yaaa,,,
Jadi ketika ada orang yang mengatakan saya 'unik', saya tidak merasa bahwa saya 'aneh'..
Hahaaa..

Kadang atas segala tingkah laku dan prilaku chaca banyak yang suka memberi tanggapan
"haeuh chaca.."
"aiiii chaca"
Hahaaa,,, dan komentar-komentar serupa, lalu diikuti dengan tawa. Dan ketika saya mengonfirmasi atas semua tingkah laku dan prilaku, hanya mendapatkan komentar..
"gak apa-apa sih, unik... hahaha"
ini yang saya khawatirkan, sebetulnya mereka mau berkomentar "gak sih, aneh aja.. haha" Hikzzz,,, kalau komentarnya kaya gitukan nyesek juga :( huuuuhh,,, jadi aja su'udzon..

Yang jelas,
setiap orang itu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing..
Jadilah diri sendiri..
Hahaha...


Bandung, 29 Desember 2013

Kamis, 26 Desember 2013

reflection 2013

bismillahirrahmanirrahim

Selalu mempercayai bahwa setiap orang yang Allah pertemukan dengan saya, pasti tidak akan sia-sia..
InsyaAllah akan selalu ada hikmah atau pelajaran yang dapat saya ambil darinya..

Lihat foto teman-teman yang melanjutkan study nya di luar negri, gimana gak bikin iri coba?
Lihat foto teman-teman yang melakukan perjalanan keliling Indonesia, gimana gak bikin iri coba?
Lihat foto teman-teman yang menyempurnakan separuh agamanya, gimana gak bikin iri coba?
Lihat foto teman-teman yang berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, gimana gak bikin iri coba?
Lihat foto teman-teman yang giat menjalankan bisnisnya, gimana gak bikin iri coba?
Dan mungkin masih banyak hal-hal lainnya yang membuat saya iri..
Astagfirullah..

Apa yang saya pikirkan ini bisa menjadi hal positif dan juga negatif buat saya pribadi..
Yang pasti iri itu adalah hal yang negatif,
Tapi mungkin jika dari sikap iri ini dapat menumbuhkan semangat untuk berjuang menjadi pribadi yang lebih baik lagi, insyaAllah akan menjadi hal yang positif..

Hmmmm,, barang kali saya lupa bahwa rizki setiap orang berbeda-beda ya,, hehe
Tidak ada salahnya juga loh kita memberi selamat pada diri kita atas pencapaian yang sudah kita capai..
Mumpung lagi ada momennya juga, mau ganti tahun..

Di tahun 2013, saya sudah ngapain aja ya?
Hmmm,,

Yang pasti, Alhamdulillah cita-cita saya tercapai.. Saya mengajar, menjadi ibu dari 30 orang anak-anak.. :)
"Be inspiring teacher" doa salah satu teman saya untuk saya.. Amin, semoga..
Mungkin sesebel-sebelnya saya (karena belum paham) dengan sistem yang ada di sekolah saya, baik itu tentang kurikulum, hubungan antar guru, upgrading guru, dll.. Harus selalu diingat, ini adalah sekolah yang memberikan saya kesempatan untuk mengajar di sana padahal kuliah saya non-pendidikan dan pengalaman mengajar formal saya nol besar. Alhamdulillah, saya masih percaya bahwa sekolah saya memang menerima guru dengan keunikan mereka masing-masing..

Lebih care sama penampilan juga, guru kan panutan untuk murid-muridnya.. Gak pakai baju yang asal tabrak lari warnanya.. hooo.. Sekarang saya sudah mulai bersahabat loh sama sepatu high heels.. hehe
Meskipun dulu sebelum menjadi guru saya menggunakan jilbab yang menutupi dada dan juga menggunakan rok, sekarang Alhamdulillah ada perbaikan juga dalam berpenampilan, bajunya lebih panjang dan lebih konsisten menggunakan kaus kaki (hanya dilepas ketika ke kamar mandi). Memang sih untuk masalah pakaian guru, di sekolah saya lebih 'santai' dibandingkan sekolah lainnya. Di sekolah saya hanya punya 1 seragam kerja yaitu blezer yang digunakan hari senin, sisanya saya rasa gak jauh beda dengan baju kuliahan saya dulu.. Hooo.. Makanya beli blezer lagi, minimal seminggu 2 kali pake blezernya, hari rabu pakai batik dan hari jumat pakai gamis.. :)

Kesempatan untuk melanjutkan study juga ada, Alhamdulillah.. Semoga tahun berikutnya bisa benar-benar melanjutkan study ya, cari beasiswa pendidikan yuk..
Keterima mengajar di 2 tempat, keterima juga S2 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) UPI.. Alhamdulillah.. Hehe.. Sayangnya semuanya tidak dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan.. Proses belajar yang paling cepat adalah dengan mempraktekannya (melakukannya langsung), hmmm... bener ga ya? hehe..

Saya bertemu dengan seseorang, yang jujur lebih dari 2 bulan merubah hidup saya, banyak perbaikan yang terjadi dalam diri saya..Tapi saya tidak benar-benar bertemu langsung, karena ternyata ia tak nyata.. Haha,, Bingung ya? Pokonya jika hal ini saya ceritakan, mungkin orang tidak akan percaya, kalaupun percaya mungkin akan berkomentar "sinetron banget sih" kaiatannya dengan 'sinetron' mungkin karena hal-hal yang tidak mungkin atau hal-hal yang lebay terjadi di sinetron..
Yang mau saya katakan dan beberapa orang juga telah katakan adalah "Allah sayang sama chaca", iya.. Alhamdulillah.. :)
Saya belum pernah benar-benar 'proses' dengan seseorang.. Hayooo, cha mau kapan dong? 24 tahun niy.. hehe.. Galau ingin cepat nikahnya udah dari beberapa tahun yang lalu.. :p
Allah, pernikahan adalah sesuatu yang baikan kan? Izinkan saya melalui prosesnya dengan cara yang baik juga.. Masalah 'proposal', saya masih belum sepaham, masih tetap inginnya jika nanti akan menikah langsung (pertama kali) hubungi orang tua saja.. Hehe..

Hal-hal yang aneh juga masih terjadi dalam diri saya, coba pikir, jatuh cinta hanya melihat orang dari fotonya saja.. Atau jatuh cinta karna melihat orang foto bersama keponakannya.. Atau jatuh cinta karena hal sederhana yang dilakukan orang? Ini hal yang wajar bukan sih? Atau ini cinta bukan sih? Hahahaa,,, Hmmm.. mungkin hanya Yang Maha Pemilik Waktu yang benar-benar akan menjawabnya.. Kita tunggu saja..

Jujur saya sempat sebal karena beberapa orang mungkin (saya beranggapan) mereka menilai saya terlalu tinggi, mengapa? Dengan penampilan saya.. Jilbab yang menutupi dada dan 'cukup' lebar serta meggunakan rok.. Hehe,,,
Saya hanya mengamalkan apa yang saya pelajari, "saya mendengar dan saya taat" kata-kata inilah yang menjadi dasar perbaikaan diri saya selama ini, masih banyak kurangnya.. Saya mendengar, saya tahu, saya pahami, dan saya taati.. :)
Dan saya tegaskan, saya bukanlah seorang aktifis dari partai politik manapun.. Entahlah, mungkin sayanya yang tidak paham dalam masalah politik dan saya memang tidak tertarik menggeluti bidang politik..
Jalan saya berdakwah, semoga dengan menjadi guru ini.. :)
 
Kalau lihat dari tingkah laku saya kaayanya masih belum banyak perubahan, masih tetep 'gak tahan' kalau liat kamera.. Masih kekanak-kanakan.. Masih banyak menyusahkan ibu juga.. Sampai detik ini juz 30 masih belum hafal semua.. Kalau saya kesal saya jadi punya julukan baru 'pedas level 10', marah sih enggak.. Tapi kata-katanya pedes.. Bukanlah seorang konseptor yang 'baik'.. Masih belum bisa melakukan 2 hal di waktu yang bersamaan (misalnya dari hal yang sederhana ngobrol sambil ngetik sms) hahaha..
Yukkk,,, yukkk... yukkkk... berubah yuk :)

Akan ada seseorang, yang nanti ketika Allah pertemukan dengan saya, tidak hanya akan menjadi bagian dari hidup saya, tapi juga menjadi penyempurna agamanya..
Jikalaupun ternyata tidak bertemu di dunia ini, ia sekarang sedang menunggu saya di akhirat, sampai tiba saatnya saya kembali..
Ya Rabb, petemukan kami dalam jalan yang baik, semoga ia memiliki kecintaan yang besar kepada-Mu, dapat menjadi penyejuk hati saya, dan saya memiliki ketertarikan atau kecenderungan padanya..


Bandung, 9 tahun Tsunami Aceh
-Nafsa Karima-

Jumat, 20 Desember 2013

al ikhlas

bismillahirrahmanirrahim

jika ini dapat disebut sebagai titik terikhlas atau titik balik..
inilah yang saya rasakan sekarang..
saya percaya, kalaupun Allah belum mempertemukan jodoh saya di dunia
Allah akan mempertemukannya di akhirat
insyaAllah


jika yang terjadi ini adalah bentuk kezaliman terhadap kami,
Ya Rabb, kami ikhlas, insyaAllah
mudahkan jalan kami menuju Jannah-Mu
amin :)
jika yang terjadi adalah bentuk su'udzon kami,
Ya Rabb, buktikan bahwa kami salah
maafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan kami
amin :)

Bandung, 1 Oktober - 20 Desember 2013

Jumat, 13 Desember 2013

me ?

bismillahirrahmanirrahim

Let's doing something..
Hayooo ah semangat,,
Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan..
Dan setiap orang punya waktu yang sudah ditentukan, berpacu dengan waktu..

Bukan seorang konseptor yang bagus, tapi jago banget nambah-nambahin ide orang dan jago kritik.. heuu
Orang yang spontan banget jadi kadang cenderung gak mikir panjang, kalau tiba-tiba keidean sesuatu harus diungkapkan lebih baik lagi jika bisa langsung direalisasikan.. Jika tidak maka akan buyar sudah itu ide-ide..
Moody dan gampang bosan jika berada dalam ruangan tertutup dan hanya duduk di kursi..
Ceplas-ceplos, kadang baru mikirin ucapan atau suatu tindakan setelah itu terjadi.. Huaaa
Entahlah, tapi merasa agak kurang dalam masalah linguistik (bahasa), menulis sangat-sangat membantu, mungkin bisa jadi terapi.. Karena ketika menulis saya memiliki waktu untuk berpikir..
Menulis semau-maunya hati, gak bisa misalnya tema tulisannya sudah ditentukan sebelumnya.. "Semau gue banget lah".. Huft..
Kaya cuaca sekarang yang panas tiba-tiba mendung, mendung tiba-tiba panas, kadang demikian, masih suka dan gampang banget berubah-ubah..
Keras kepala banget, sekalinya udah gak suka sama sesuatu udahlah gak suka terus,, huhu

Ceritanya lagi menilai dan berkaca diri sendiri, siap-siap mau buat resolusi untuk tahun 2014..
Cari kekurangan diri, bukan untuk melemahkan atau menjatuhkan.. Tapi agar tahu dimana harus memperbaikinya,,

 Bismillahirrahmanirrahim

Bandung, 13 Desember 2013

Sabtu, 07 Desember 2013

bersama hujan

bismillahirrahmanirrahim

Seseorang yang bersamanya aku tak perlu menunggu hujan reda untuk melangkah..
Justru bersamanya aku menari  di bawah hujan dan tetap menari meski musik kami telah lama berhenti..

Bersamanya aku tak pernah merasa lelah, bukan karena kami hanya diam saja..
Tapi banyak yang kami lakukan dan kerjakan, sehingga lelah tak memiliki waktu untuk menghampiri..

Bersamanya aku tak pernah merasa takut, bukan karena kami cukup berani,
tapi karena kami selalu bersama..


Allahumma shayyiban nafian


InsyaAllah, bersabarlah..
Allah bersama orang-orang yang bersabar
 Bandung, 7 Desember 2013

seven-seven

bismillahirrahmanirrahim

Oke hikmah yang bisa didapatkan kali ini :
1. Mungkin nanti akan benar-benar heboh seperti ini jika chaca akan menikah, insyaAllah.. hehe
2. Jadi tahu jugakan gimana sayangnya dan khawatirnya keluarga dan sahabat sama chaca, alhamdulillah..
3. Jangan takut untuk melangkah ya neng, bismillah.. InsyaAllah Allah selalu berikan yang terbaik, tunggu saja..
4. Tetep masih bingung, gimana ya rasanya marah, kecewa, atau depresi itu.. hahaha.. very enjoy my life.. Bukankah setiap yang terjadi dalam diri seorang muslim itu adalah kebaikan? Intinya adalah syukur dan sabar..
5. Ketakutan jika su'udzon (berprasangka buruk) terkadang membuat chaca kurang respek terhadap lingkungan.. hmmm,, plus minus sih ya..
6. Hal yang paling menarik bagi chaca adalah ketika menutup akhir dari sebuah bab episode kehidupan, karena chaca tahu, awal bab lain telah menunggu untuk dituliskan.. Dan chaca juga tahu selalu ada hikmah yang bisa diambil dari setiap babnya, alhamdulillah.. tak ada kata menyerah untuk terus belajar membaikan diri..
7. Bismillahirrahmanirrahim, memulai kembali untuk menemukan.. kita mulai dari nol lagi ya.. :)


start from 0, 7 point, 7th december, 2013

Selasa, 03 Desember 2013

ngaco banget lah

bismillahirrahmanirrahim

hadeuhhhh,,,
ni orang yang namanya kagak mikir panjang..
spontan banget..
sering buat kehebohan, buat orang salah tingkah..
juga bikin orang khawatir..
dan bikin orang berpikir aneh-aneh.. adeuhhh,, please deh, untuk yang ini jangan..
aduhhh,, siapa lagi namanya kalau bukan chaca..

hahaha..

kalau ini lagi syuting uji kesabaran mah ya,
udah dari awal-awal angkat tangan sambil liat kamera dan bilang..
nyerah.. nyerah..

hahaha..

but this is real lohhh..

semoga Allah berikan kesabaran selapang-lapangnya dan seluas-luasnya untuk orang-orang yang menghadapi chaca.. doanya tulus loh ini.. :)
terima kasih sebanyak-banyaknya dan semoga Allah ganti dengan kebaikan terbaiknya untuk semua doa-doa yang diberikan..

Alhamdulillah..
Selalu ada hikmah, setidaknya saya tahu bahwa saya..
mudah tersentuh oleh hal-hal sederhana, tapi untuk hal yang tidak ada manfaatnya atau kurang penting, jangan harap.. hehe
bingung bagaimana menjelaskan perasaan marah atau kesal pada orang lain.. pernah gak sih?
gak sensitif sama lingkungan (udah banyak yang protes), alibi saya semata-mata karena gak mau su'udzon aja.. hehe
dan saya tahu bahwa saya juga aneh, upss.. maksudnya saya unik.. hahaha ;p
untuk hal-hal yang orang lain anggap gak masuk akal, huaa.. itu saya banget..

kalau mikirin gimana sifat n tingkah laku ini rasanya suka pengen tutup muka,, huaaa.. maluuu.. hahaha
atau ngerengek sama Allah, Ya Allah.. saya ko gini banget ya, kenapa kadang gak suka mikir panjang..
Hufff...

maaf.. maaf.. maaf..
untuk semua yang sudah dihebohkan oleh saya..
terima kasih atas doa-doanya, karena jangan-jangan doa yang diijabah justru adalah doa yang diberikan orang yang tulus sayang sama saya.. hehe,, percaya diri banget ga sih? gak apa-apa lah, dari pada percaya dukun :p


Bandung, 3 Desember 2013
kesadaran,, huhuhu

berdoa

bismillahirrahmanirrahim

selama 2 bulan ini mungkin ada yang aku lupakan..
berdoa dan meminta..

Dan Tuhanmu berfirman "Berdoalah kepada-ku,
niscaya akan Aku perkenankan bagimu.
Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku
akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina".
Al Mu'min [40] : 60

MasyaAllah, diingatkan.. Alhamdulillah..
Mungkin terlalu senang karena aku pikir menemukan, membuat aku melupakan siapa yang telah memberikan.. Astagfirullah.. Maaf Ya Allah..

InsyaAllah Allah selalu punya jalan,
Kita diuji bukan untuk merendahkan kita,
tapi untuk membuat kita naik kelas.. insyaAllah..

Huaaaaawww,,, tambah semangat nih.. :D
Setidaknya kali ini yang dapat saya pelajari adalah "jangan pernah takut untuk melangkah, be brave chaca"

Allah selalu punya jalan,
untuk apa kita membuka aib atau kesalahan orang lain?
Allah saja menutupi aib atau kesalahan kita dengan sangat baik..
Semoga Allah tunjukan mana yang baik dan mana yang buruk,
dan jauhkan kami dari segala keburukan..

Kadang bukannya tidak peka terhadap lingkungan,
hanya saja tidak ingin perprasangka negatif (su'udzon), tapi malah jatuhnya tidak peka.. Hahahaa..
Allah, cukup Engkau yang tahu, Engkau Yang Maha Tahu

Ampuni atas segala dosa dan kehilafan kami..
Kita mulai dari 0 lagi ya..

Bandung, 3 Desember 2013
Bismillahirrahmanirrahim
Ampuni kami Ya Rabb..

Senin, 11 November 2013

apa yang aku punya?

bismillahirrahmanirrahim

Perbincangan singkat dengan ibu menjelang hari lahir yang ke 24 tahun..
"Ibu dulu usia 24 tahun sudah punya kakak, 23 tahun mau 24 tahun sudah punya kakak"
Saya hanya menghembuskan nafas, "Kakak sudah punya siapa ya?"
Ibu diam sejenak dan tersenyum sambil berkata "kan punya aa ii uu"
Hahaha,, malah jadi bikin tertawa..

Teringat selalu apa yang sering ibu ucapkan "rezeki setiap orang itu berbeda-beda"..
Iya bu, rezeki setiap orang berbeda-beda.. :)
Tak perlu lah kita membandingkan kekurangan kita dengan kelebihan orang lain..

Bismillahirrahmanirrahim
Di 24 tahun usiaku, semoga dapat selalu mendampinginya untuk 24 tahun kedepan dan tahun-tahun seterusnya, semoga dapat menjadi semulia-mulianya jiwa yang akan menjadi penyempurna bagi separuh agamanya..
Untuk seseorang yang akan kulalui sisa hidupku bersamanya, berharap selalu bersamanya terus, di dunia dan di akhirat..
Semoga Allah selalu memberkahi langkah kami.. Allah, izinkan kami bertemu dengan Mu di Surga Mu..
Bersamamu..


Nafsa Karima
Bandung, menjelang 24 tahun

Nb : Janji Allah bagi hamba-Nya yang bersabar

amazing november, welcome to Singapur..

bismillahirrahmanirrahim

amazing november,
alhamdulillah..

Tanggal 2 - 5 November 2013 diberikan kesempatan ke negara tetangga.. hahay.. alhamdulillah..
Welcome to Singapur.. :)
Membuat lebih cinta pada Indonesia dengan segala keberagaman kebudayaannya, tapi kitanya yang kadang kurang menghargai negara sendiri, kurang cinta mungkin ya?
Dalam hal teknologi dan kebersihan negara, subhanAllah.. salut banget dah ama Singapur.. Sentosa, pulau buatannya keren banget.. Padahal tanahnya katanya dari Indonesia.. Hadeuhhh >,<

Bersama keluarga, 11 orang ke sana, semoga silaturahimnya semakin kuat ya..
Hayoo,, next holiday?



Hayu ah mari mengeksplor keindahan alam dan keberagaman budaya Indonesia :)

Bismillah..
Bandung, 11 November 2013

Rabu, 06 November 2013

hai november 2013

bismillahirrahmanirrahim

Hai, november 2013..
Kayanya belum menyapa di bulan ini ya..
hehe

coming soon

Nafsa Karima

Rabu, 23 Oktober 2013

janji

bismillahirrahmanirrahim

banyak yang telah dilakukannya

memberi waktu untuk belajar,
bersabar atas segala tingkah,
memenuhi keinginan,
membela,
memahami, memahami, dan memahami

dan hal lain yang aku tahu atau aku belum tahu..

dan aku?
apa yang telah aku lakukan?
hanya dapat berjanji dan berdoa
bahwa aku dapat mendampinginya, selamanya
di dunia dan di akhirat
membaikan diri  agar dapat menjadi penyempurna agamanya

bismillahirrahmanirrahim, insyaAllah

sebuah janjiku pada-Nya,
dan dia meminta itu
menepati janji yang aku buat


Bandung, 23 Oktober 2013

berubah karena

bismillahirrahmanirrahim

berubah karena..
yang jelas bukan berubah karena ada musuh :p
berasa jadi sailormoon dan power rangers
hohooy..

berubah karena paksaan atau dipaksa itu yang tidak pernah saya mau..
maunya selalu berubah karena kesadaran sendiri..!

yang kadang bikin sebal adalah berubah karena dikata-katain oleh bocah (usia lebih muda)
sakit hati buangettt... hahaha

pernah suatu waktu dikatain sama anak kelas 5 sd..
"ibu pake make up ya?"
Padahal saya cuma pake celak saja..
Pake celak juga bukannya sunah rasul ya?
Hiiiii,,, jujur, aslinya saya gak pake make up ke sekolah..
Kalau cantik kaya pake make up sih itu mah udah dari dulu :p
Sejak saat itu sampai hari ini gak pernah lagi pake celak ke sekolah..
ini bisa disebut perubahan ga ya?

mendengar dikatain
"chubby, lebay, kekanak-kanakan" oleh bocah tingkat 1,
rasanya bikin mood turun, sebal, malu, dan memang begitu nyatanya..
Sebel banget sih disadarkan akan kekurangan sifat sendiri oleh bocah tingkat 1..
Heyyyy,,, gak tau ya zaman sekarang itu yang chubby itu menarik tau :p
Lebay,, yaahhh.. mamang sudah banyak dikatain begitu oleh adik sendiri, tapi gak sadar aja..
Kekanak-kanakan, iyaaa.. ini saya juga tau.. mau berubah,, haduh, kalo nangis makin keliatan deh kekanak-kanakannya..
Sakit hati gara-gara dikatain bocah tingkat 1.. !
Hahahaha..

Hmm,,
Bismillahirrahmanirrahim,
Kali ini saya ingin berubah menjadi lebih dewasa dan bijaksana insyaAllah bukan karena paksaan, tapi karena kesadaran.. maksudnya disadarkan..
Terimakasih ya 2 orang adik yang berarti petunjuk.. hehe


karena aku bertemu dengan seseorang yang bersedia memahamiku,
dan itu sangat lebih dari cukup,
sepanjang aku sungguh-sungguh bersedia memahaminya

Bandung, hari ke-23 bulan Oktober

Senin, 21 Oktober 2013

andai Dia tahu

bismillahirrahmanirrahim

bisa membuatku sangat sabar
dan berusaha mengerti meski kadang sulit..

kaya sehari itu gak lengkap rasanya tanpa ada tingkahku yang membuat marah atau kesal..
aku tahu aku salah..
hanya saja kadang sebal, aku ingin ia tahu perasaanku, tapi malah membuatnya marah atau kesal..
atau karena dia tidak pernah menanyakannya,,?
bertingkah seperti anak kecil yang susah diatur atau belum paham-paham saja apa yang disampaikannya..
huffttt...
jadi sebenarnya siapa yang harus belajar sabar?
siapa yang berusaha mengerti?

seperti anak kecil yang berulang kali ditanya "mengerti?" atau "paham?"
Allah, ajari untuk menjadi lebih dewasa dan bijak

Bandung, 21 Oktober 2013

Senin, 14 Oktober 2013

being with you

bismillahirrahmanirrahim

orang yang kita sayangi,
terkadang dapat menjadi alasan mengapa kita tertawa dan menangis

dan kali ini,
menangis bukan karena disakiti,
hanya karena aku tidak bisa mengungkapkan apa yang aku rasakan
sering kali malah bikin uring-uringan sendiri

dan aku makin sebal saja,
mengapa apa yang aku rasakan mudah sekali ditebak?
seperti kalian mengetahui ketika anak kecil menginginkan permen..
mengapa orang-orang mudah sekali menebak apa yang aku rasakan?

aku kesal,
karena aku banyak bertanya, tapi tidak begitu dengannya
bukan karena dia tidak penasaran, tapi karena dia yakin
 
aku yang belajar ingin lebih dewasa,
tapi malah terlihat makin kekanak-kanakannya aku

segala tingkah ku yang membuat marah dan kesal,
tetapi dia tetap bertahan disana

atau apa yang aku pertanyakan dan terlintas dipikiran,
dijawab tanpa aku harus bertanya

Aku bertemu dengan seseorang yang sungguh-sungguh bersedia memahamiku,
dan itu lebih dari cukup sepanjang aku bersungguh-sungguh bersedia memahaminya..

apa lagi alasan terhebat seseorang menyayangi orang lain selain keyakinan?

semua ini terasa begitu cepat,
benar-benar saat kita berada dititik nol, ikhlas..
Ikhlas tanpa syarat apa pun atau tanpa ada 'tapi' yang mengikutinya

Allah, doa-doa ku bener-benar terwujud
Alhamdulillah
Engkau Yang Maha Mendengar,
maka nikmaMu yang mana lagi yang hendak aku dustakan?

Being with you is like having every single one of my wishes come true


Bandung, 14 Oktober 2013
semoga Allah berkahi langkah kita
memaknai arti berqurban
bismillahirrahmanirrahim

Minggu, 13 Oktober 2013

libur abis UTS

bismillahirrahmanirrahim

mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak itu adalah hal yang mengasyikan..
tunggu cerita lengkapnya.. ;)


Bandung, baru seselai UTS

lebih dari cukup

bismillahirrahmanirrahim

Kembali diingatkan akan kekurangan diri yang satu ini..
Ceplas-ceplos, blak-blakan, dan kurang peka..
Huaaaaaw,,

Tapi banyak plus minus ya,, insyaAllah banyak positifnya #maksa,, haha.
Ternyata sungguh tidak ada yang Allah ciptakan sia-sia..
ceplas-ceplos n blak-blakan mungkin hal ini memang sudah terbentuk dari lingkungan keluarga yang amat-amat mudah dalam hal komunikasi..
Jadi cerita apapun Alhamdulillah tidak ada kendala, mau itu sama ibu, ayah, tante, om, adik, dan keluarga lainnya..Mau itu bahas masalah sekolah, kuliah, kerja, motivasi, atau sampai pernikahan..
Alhamdulillah..
Terbiasa 'langsung komunikasi' juga karena pemahaman bahwa terkadang orang-orang mungkin tidak akan mengerti apa yang ingin kita sampaikan apabila kita tidak mengungkapkannya..
Tapi tak selamanya apa yang kita pahami sejalan dengan orang lain.. Maka memang betullah kalimat pikirkan dulu apa yang ingin diucapkan, naaahhh.. saya banyaknya mungkin kebalikannya.. Hiiiii..
Makanya kenapa saya sering menyarankan untuk komunikasi, jika ada masalah jangan pernah memenam sesuatu sendirian..

Kurang peka,, kurang sensitif..
Hiii yaaappp.. Karena terkadang terlalu percaya akan apa yang orang-orang katakan maka tak sadar akan keadaan lingkungan sekitar.. Terkadang juga mencoba untuk mengurangi prasangkkan..

Kita tidak akan pernah menemukan orang yang benar2 memahami kita, tahu kebiasaan kita, mengerti semua tentang kita. Impossible.

Tapi kita bisa menemukan orang yang sungguh2 bersedia memahami kita. Dan itu lebih dari cukup, sepanjang kita juga sungguh2 bersedia memahaminya.

--Tere liye



Bandung, 13 Oktober 2013
Alhamdulillah,
menemukan seseorang yang sunguh-sungguh bersedia memahami,
itu lebih dari cukup..

Rabu, 09 Oktober 2013

antusias

bismillahirrahmanirrahim

terlalu antusias akan sesuatu membuat mata sulit terpejam
huaaaa,,, ckckck.. kelakuan-kelakuan..
Hmmm,, kadang sebal, karena mungkin hanya aku saja yang antusias?


Pesawatmu terbang ke tanah air
9.00pm

Bandung, 9 Oktober 2013


lebih baik dipaksa masuk Surga

bismillahirrahmanirrahim

Rengekan yang sering saya lontarkan adalah "Chaca mau belajar, tapi chaca gak mau dipaksa.. Chaca mau berubah, tapi chaca gak mau dipaksa".. Itu udah jadi kata-kata andalan yang paling ampuh nun paten deh..

Hingga hari ini ketika berkumpul bersama guru-guru bertemu dengan kata-kata ini dari fb temannya teman..
"lebih baik dipaksa masuk Surga, dari pada sadar masuk Neraka"

Huwiiiwww,, berat euy..
butuh beberapa waktu bagi kami untuk mencerna kata-kata ini..
Hingga pembahasan menyenggol ke salah satu bidang studi..
*aha moments,,
Dan juga cerita teman saya yang kuliah di Mesir dalam waktu 4 tahun mampu menghafal 8 juz.. subhanAllah..
ko bisa? karena terpaksa menghapal atau karena harus hapal? hehe :p

yuppp.. yuppp..
Sering kali merasa terpaksa ketika harus mengupgrade diri dalam bidang studi yang satu ini..
Huuuaaa.. Padahal saya tahu saya masih banyak kurangnya,, saya sadar..
ternyata,, ternyata.. ohhh ternyata..
Mungkin ini memang benar menjadi jalan Allah agar kami lebih baik lagi ya..
Yang kami rasakan terpaksa,
Lebih baik terpaksa masuk Surga..
Dan kami pun sadar kami kurang,
Dari pada sadar masuk neraka..
Ini mungkin ya salah satu jalan dari Allah agar kita 'terpaksa' masuk Surga,, semoga kedepannya tidak ada lagi kata terpaksa tersebut, mari ganti dengan 'kesadaran'..

Semangat,, semangattt ya semua :)
Alhamdulillah, senang sekali bisa memetik hikmah bersama..
Gak hanya ngomongin tentang murid doang :p

Bandung, 9 Oktober 2012
Alhamdulillah, terima kasih sebanyak-banyaknya untuk Allah

Selasa, 08 Oktober 2013

Ar Rahim

bismillahirrahmanirrahim

Berawal dari niat,
insyaAllah ketika niat kita baik, benar, dan lurus..
semoga Allah bukakan jalan :)

Sedang menikmati setiap detiknya,
Aku yang terkadang tidak suka dengan perubahan, sangat-sangat pendamai..
Tapi Allah selalu ajarkan kita agar menjadi lebih baik..
Perubahan bukanlah hal yang harus ditakuti..
Berubah menjadi pribadi yang lebih baik, why not?

Lewat cara-caraNya..
Membuat aku tersentuh dan tersenyum..
Betapa Dia mencintai hamba-hambaNya,,
Jika saja kita dapat selalu mengeerti dan memahami..
Jika saja kita lebih bersabar..
Pasti banyak-banyak-banyak sekali hikmah atas segala yang kita alami..
Sungguh tak mesti kita pahami saat itu juga..
Dengan adanya jeda, Allah selalu mengajari kita banyak hal..

Sebetulnya, kita hanya cukup bersabar.. :)

Sharing yaaa,,
Bulan ini rasanya buanyaaakkk banget ya dapet undangan pernikahan, terutama dari kakak kelas..
Alhamdulillah..
Semoga Allah selalu berkahi dalam sakinah mawadah marahmah..

Jadi kapan?
Hihihi,, bismillah..
insyaAllah sudah disiapkan waktu yang terbaik menurutNya..

pernikahan..
Kapan ya terakhir menulis tentang ini?
Entah prinsip ini benar atau tidak, semoga Allah senantiasa membimbing..
Jika salah semoga Allah segera mengingatkan..
Mencari ketertariakan dengan seseorang..
Mungkin ini beberapa waktu lalu yang belum aku temukan..
Apa yang membuatku tertarik pada seseorang?
Ketika agama sudah sangat baik.. Tak ada yang meragukan..
Tapi..
Masih mainan feeling..
Maaf, ketika mendengar nama atau sekilas melihat wajah..
Entah mengapa dalam hati ada yang membisikan "bukan"
Semoga istikharah tidak pernah putus hingga sesaat sebelum akad terucap..
Hati selalu tahu, ketika aku meminta fatwa pada hati..

Dan semoga ini adalah yang terakhir dari pencarianku..
Apa lagi yang aku cari?
Bukankah apa yang aku cari telah ada padanya?
Tapi apakah apa yang ia cari ada padaku?
Bukan mencari, ternyata aku menemukannya..
:)

I hope i always be with you,
Just promise me, help me get to Jannah..
Hmmm,, maybe i'm forget, you are the guard

Dikenalkan dengan sesesok yang aku panggil "ibu"
Aduhaiiii,, baiknya sungguh luar biasa,,
Sama seperti ibu sendiri.. :)
terselip kata-kata "sayang" dalam kalimatnya..
Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang..
Bukannya nantipun ketika menikah kita jadi memiliki 2 orang ibu ya? hehe :p
Masih sering berpikir,,
padahal siapalah aku? bertemupun belum? jangankan bertemu, melihat aku pun belum..
Aku bertanya-tanya bukannya aku tidak suka diperlakukan demikian,, hehe..
Hanya bener-benar menarik saja, itulah kasih sayang ya.. subhanAllah..
Allah, aku mau belajar lebih banyak lagi tentang kasih sayang :)


Bandung, 8 Oktober 2013

nge-galau me-nyadarkan

bismillahirrahmanirrahim

Ingin bersikap lebih dewasa,,
tapi terkadang..
Apa yang aku lakukan justru malah membuat orang-orang sekitarku menganggapku kekanak-kanakan..
Ohhh,, Ya Allah..
Huhuuhuuu
Jika sudah begini malah membuat uring-uringan sendiri.. Bocah gede.. HihikZzz..
Sadar sih akan apa yang aku lakukan,, hiihiii

insyaAllah menginjak 24 tahun di bulan depan,,
Huaaaa.. Gak kerasa bangetttt,,
Usia 24 tahun ibu sudah punya aku yang berusia 2 bulan,,
upsss.. mulai deh ngebandingin-bandingin lagi.. haha
Hmmm,, insyaAllah November tahun ini akan menjadi benar-benar spesial :)
Tunggu saja, akupun termasuk orang yang menunggu..

Sadar banget jika aku tu keras kepala dan syalala lainnya..
Kadang ya, berpikiran jika aku dipertemukan dengan orang yang sesifat ama aku lagi, duh hancur deh itu dunia persilatan.. Hahaaay..
Nah, salut banget dengan orang-orang yang tetap bertahan dan tetap ada disini, dengan segala tingkah dan sifat kekanakannya aku..

Benar-benar butuh diayomi itu bisa jadi benar,
Butuh orang-orang yang masuk ke dunia chaca bisa jadi juga benar..
Orang-orang yang bahkan belum mengenal aku tapi bersedia masuk ke dunia ku.. Benar-benar amazing :D
Dipertemukan dengan orang-orang seperti itu.. subhanAllah :)
Tetap bertahan dengan segala tingkahku, tak mundur selangkahpun..
Aku menantang, malah balik menantang..
Hahahaay,, keren.. Itulah caranya..
terima kasih,, terima kasih,, terima kasih..
semoga selalu ada jalan untuk menjadi pribadi yang lebih baik..

So,, masih banyak PR loh chaa,,
sampai kapan mau kekanak-kanakannya?
yang ngejalaninnya aja aku dah cape..
huaaaw..

Alhamdulillah untuk semuanya,,


 Bandung, sampai 8 Oktober 2013
menarik melalui cara-cara yang menarik
mengingatkan, bahwa aku harus berSABAR bukan menunggu
:)

Rabu, 02 Oktober 2013

b a t a s a n ?

bismillahirrahmanirrahim

Zina kedua mata adalah dengan melihat.
Zina kedua telinga dengan mendengar.
Zina lisan adalah dengan berbicara.
Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh).
Zina kaki adalah dengan melangkah.
Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan.
Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.
(HR. Muslim no. 6925)

Bandung, 2 September 2013

kepo-in

bismillahirrahmanirrahim

Urusan kepo-meng-kepo-an ini tak selamanya baik loh..
Si embah google emang tau semua-muahnya,,
Daaaaaarrrr,,, bikin hebohhh,, hadehhhh kelakuan,, kelakuan.. >,<
Chaca...!!! ckckckckk,,
Kadang apa yang dilihat atau dibaca tak selamanya harus langsung dicerna bulat-bulat..
Hiiii,, bikin heboh, jadi ketauan lagi keponya..
Ujung- ujungnya pengen jedug-jedugin kepalaaaaa..
Huhuhuuu

Ko jadi uring-uringan gini??
Hahaha,, kapan ya terakhir ngerasain kaya gini ;p
5 hari itu bisa jadi terasa lama bagi seseorang yang menunggu..
Sensitif bangat ini kayanya kalau denger hp bunyi..

Huuuffftttt,,,

Yuk ahhh,,
back to Allah..


Bandung, yang katanya 2 hari lagi
sabarrr,,
,,,,sabarrrrr
,,,,,,,,,,sabarrrrrrrrrrrr,,,,

Selasa, 01 Oktober 2013

haa moments

bismillahirrahmanirrahim

Hal yang paling unik selama beberapa bulan ini menjadi wali kelas adalah banyak menemukan "haa moments" bukan "aha moments"..
"aha moments" kita rasakan ketika kita menemukan sesuatu penemuan yang baru..
sedangkan "haa moments" dirasakan ketika terkaget-kaget akan suatu hal..

banyak banget kejutannya..
"haa moments" yang bikin aku terkejut akan tingkah mereka..
yang bikin ketawa, tersenyum, spechless, hal-hal yang bagiku sederhana tapi bagi mereka luar biasa, hal-hal yang aku anggap sepele tapi bagi mereka sangat penting, bahkan ketika aku bingung harus bagaimana..


Bandung, sampai 1 Oktober 2013

my life

bismillahirrahmanirrahim

Hukum itu masih berlaku,
hal-hal yang aku pertanyakan pada-Nya,
Dia jawab dengan cara-cara yang unik, bahkan aku sendiri yang mengalaminya.. :)
Thank you Allah..

Aku sama sekali tidak pernah berpikir ataupun ada pikiran 'keluar Bandung'
sempet tercetus satu kalimat "hidupku di Bandung, kehidupanku di Bandung"

Di sekolah ada beberapa orang guru yang sudah resign,
"Ko guru yang dulu resign? padahal chaca mah mau di sini minimal sampai anak-anak ath thobari pada lulus" kurang lebih itu 6 tahun mendatang dari saat ini, kataku pada partner sesama walikelas..
"Iya kan sudah pada menikah, lalu mereka ikut suami".
Aku hanya diam dan merenungi mendengar kata-kata partner walikelasku,, ikut suami :)

Tak sampai sebulan setelah perbincangan itu..
Ahhaaaaa,,, mungkin nanti aku akan benar-benar paham..
Mengikuti suami, aku harus keluar Bandung, bahkan jikalau harus keluar Indonesia.. :)
Berkomitmen untuk selalu bersamanya dalam kondisi apapun..
insyaAllah, bismillah..

just promise me, help me get to Jannah :)
Aku mau kamu ajak aku ke Surga, bertemu dengan Allah..


Bandung, 1 Oktober 2013

Minggu, 29 September 2013

meet you

bismillahirrahmanirrahim

Beberapa harapan yang insyaAllah (mungkin) akan segera terjawab

1. Iman, Islam, Ikhsan

2. Pendidikan, apa lagi sebidang

3. Tidak satu organisasi

4. Lebih nyaman dengan proses 'ini kenalannya teman dekat'

5. Enak dilihat n gak ngebosenin

Dan masih banyak lagi surprise lain yang belum terungkap,, Hihihiii :D
Memaknai bahwa jalan yang kita lalui adalah benar-benar jalan yang terbaik,
untuk Allah mempertemukan kita juga dengan cara yang baik,
semoga bisa selalu istiqamah di jalan yang baik dan berujung kebaikan dunia akhirat..

Memang hati selalu tahu,
Semoga rencana kami sejalan dengan rencana-Mu..
Jikalau pun ternyata tak sejalan, ini adalah jalan bagi kami untuk membaikan diri kami, untuk Engkau pertemukan kami dengan seseorang yang lebih baik lagi..

insyaAllah
Berharap hanya pada Allah,
semoga Allah pertemukan kita dalam kebaikan..
Jika sudah bertemu jodohnya, apa yang mau ditunggu?
Semoga Allah selalu berkahi dalam sakinah mawadah warahmah..


Bandung, 29 Septeember 2013
bismillah, belajar dan terus belajar..
membaikan diri :)

Sabtu, 28 September 2013

penilaian

bismillahirrahmanirrahim

Nilai bukanlah hal yang mutlak dalam menunjukan suatu ukuran,
namanya juga penilaian yang dilakukan manusia..

Terlalu tinggi menilai seseorang, atau sebaliknya mungkin pernah kita lakukan..

Termasuk juga penilaian yang dilakukan pada ku..

Dengan pakaian yang aku kenakan..
Aku hanya mencoba menjalankan apa yang Dia perintahkan..
Hijabku suatu bentuk ketaatanku pada-Nya..

Sifat yang masih kekanak-kanakanlah, moody, keras kepala,,
Coba sedikit-sedikit aku perbaiki..

Bismillahirrahmanirrahim
Sepertinya butuh segera pembimbing yang segera mengontrol niy :D
hehe,,
siap-siap ya ada yang mau silaturahim ke rumah..

Lelah berlari diantara bayang-bayang,
Beranikan diri untuk keluar dan menatap indahnya matahari,
Merasakan hangatnya cahaya..
Move on and move up,,

Ada seseorang yang kita kagumi,
ada seseorang yang kita sukai,
ada seseorang yang membuat kita penasaran,,
Tak selamanya perasaan-perasaan itu berarti cinta,,
Kasih sayang mungkin iya, bukankah itu bersumber dari Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang..
Justru aku berharap dapat selalu menyayangi orang-orang yang Allah pertemukan dengannya..
Dan untuk seseorang yang istimewa yang akan Allah pertemukan, aku berharap dapat selalu bersamanya dalam kondisi apapun,,

Bismillah,
Allah berikanlah kebaikan di dunia dan di akhirat, dan jauhkan kami dari azab api neraka..

just promise me, help me get to Jannah :)

Bandung, 28 September 2013

Rabu, 25 September 2013

nggg..geje tengah malam

bismillahirrahmanirrahim

Beres ngebuat n ngedit soal ulangan PPKn 1 SD
alhamdulillah semuanya FINISH :D
"move on and move up"
itu tempat tidur udah manggil-manggil..
Hahahaaa
>,<

Nengokin materi untuk ekskul dulu bentar ahhh..
hoooaaaaammm
Zzzzzzzz

terkadang waktu 24 jam itu terasa kurang yaa..
belum melakukan ini,, belum melakukan itu..
bagaimana cara memanage waktu dengan baik..
waktu tidur yang rasanya kurang,
bangun di 1/3 malam terakhir yang kadang terasa berat,
Huuuuwwwiiiiii..
mungkin bagi sebagian orang 24 jam itu saaaangggggaaaaatttt lamaaaaaa yaa..

Udahan ahhh ng-kepo-in orangnya..
balik lagi kejalan yang lurus dan benar,,

Bandung, menjelang 26 September 2013
belajar,, belajar,, dan terus belajar..
semangaaaatttt :D

Senin, 23 September 2013

arah

bismillahirrahmanirrahim

Duhh,, ni tingkah dah kaya abg-abg labil..
Padahal jelas-jelas bukan "anak baru gede" lagi..
Ng-KEPO-in FB ama twitter orang >,<
Padahal jelas-jelas aku jarang aktif di twitter...

Hiiiiii,, pengen jedug-jedugin kepala..
Hahahaaa..
Hayooooo,,, sadarrrrrr.. Hahaha >,<

Hadeuuuhhh virus apa ini?

Huuufffftttt,,
Kalau lagi sadar sih, dapat berita teman sahabat saudara yang akan menikah langsung ucapkan hamdallah, semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah.. :)
Nahhh,, kaya tadi sore lagi gak sadarnya kumat..
Ketar-ketir hati mendapat kabar saudara yang usianya dibawah aku 1 tahun akan menikah..
"Kak, Gina mau menikah nanti november dengan dokter, seangkatannya", kata ibu.. Ternyata ibu update juga info-info.. Hihihiii, ibu diam-diam ternyata pemerhati dan penyimak. "Dulu katanya sempat putus ama yang dokter ini, tapi taunya nanti mau nikah. Akad nikahnya nanti di rumah, resepsinya di pusdai".
"Kakak kapan?", kata-kata ini yang langsung meluncur bebas dari mulutku.. Hihiihiiiii,,
Emakkkk,, lagi kumat niy anak mu.. >,<

Virus apa ya namanya?
Apa aja bisa disangkut-pautin,
Mulai dari kesamaan nama, sampai kesamaan kalau senyum pasti gak pernah mingkem, pasti aja keliatan gigi, ada gingsul sebagai pemanis.. Atau ternyata sama-sama suka menulis..
Virus apa coba namanya?

Wihihiiiiiww,,
Baru merenungi sekarang, apa pun yang terjadi pada kita, Alhamdulillah jangan pernah ada keluhan..
Justru menemukan banyak-banyak sekali hikmahnya.. Menjadi tahu bahwa saat itu aku belum-belum baik..
Flash back, malu ama yang diatas.. Sering lupa bahwa Dia Maha Melihat, tak sadar bahwa Dia Maha Mendengar bisikan hati..
Apa yang kita lihat, apa yang dibisikan oleh hati, Dia tahu.. :)

Aku selalu menginginkan pernikahan yang berkah, tapi aku sadar, masih banyak catatan bagaimana prosesku menuju keberkahan itu..
Dapatkan suatu keberkahan dilalui dengan ketidakberkahan?
Pernikahan bukan ajang untuk menge-tag-tag orang, dengan rayuan maut dan janji gombal bahwa akan datang kapan tahun,, itu namanya belum siap..
Kesiapan itu bukan hanya datang dari dalam diri kita, tapi juga dari keluarga kita, dan aspek-aspek lainnya..
Belum siap ya belum siap, tegas untuk mengatakan belum..
Bisa jadi kita siap orang tua belum,, Bisa jadi orang tua siap kita belum,,
Semuanya adalah jalan-Nya untuk menunjukan pada kita yang terbaik..

Dan aku berharap benar-benar ditunjukan ke jalan yang baik,,
Jalan yang baik insyaAllah akan ditunjukan ketika niat kita telah lurus dan proses kita baik..


Zina kedua mata adalah dengan melihat.
Zina kedua telinga dengan mendengar.
Zina lisan adalah dengan berbicara.
Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh).
Zina kaki adalah dengan melangkah.
Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. 
Astagfirullahalazim..

ketika aku bingung, tak tahu arah,,
tanyakan pada hatimu..
Bandung, 23 September 2013
-maybe we call its love-