Minggu, 26 November 2017

Temukan Matematika di Sekitarmu, Hari Ke 4

Bismillah

Sore menjelang malam ini Kareem mengenal bentuk 2 dimensi. Persegi panjang, segi empat, segi tiga, dan lingkaran. Bintang dan bulan sabit Alhamdulillah sudah kenal 😁.


Mommy perlihatkan gambar tiap bentuk dan meminta Kareem menyebutkan bentuknya. Segi tiga, segi empat, dan persegi panjang Kareem belum kenal dan dia tanyakan "mami ini?". Rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru udah ada, Alhamdulillah. Lingkaran dikenal Kareem sebagai 'buan pumama' (bulan purnama). Berkali-kali kalau ditanya ini bentuknya apa? Dijawab bulan purnama. Hehe, betul nak.. gak salah, ada bulan sabit jadi ada bulan purnamanya juga ya 😊. Momen untuk mengenalkan pada Kareem, "Iya nak bulan purnama, bulan purnama bentuknya lingkaran". Sambil main diselingi juga dengan bernyanyi dengan gerakan lingkaran besar.. lingkaran kecil.. lingkaran besar..


Lalu kita mencocokan bayangan bentuk, Alhamdulillah sudah bisa. Tinggal kita cari tahu ya, yang bentuknya segi tiga apa saja ya?. Mencari tahu tiap bentuk dari benda- benda yang ada di rumah. Persegi panjang : meja, pintu, jendela, lemari, dll. Segi empat : Lantai/ubin, evamat, lubang angin, dll. Lingkaran : lampu, jam, kipas, dll. Segi tiga mommy sebutkan atap rumah, tapi mungkin belum kebayang sama Kareem. Jadi mommy bilang, awug 😅. Awug kalau pas mateng belum dipotong bentuknya segitiga. Anaknya langsung ngeh 😁. Tiap menunjukan benda di rumah mommy bawa potongan gambar bentuk 2 dimensinya dan tunjukan ke Kareem, biar kenal kalau bentuknya sama.



Sebelum tidur malam Kareem minta dibacakan buku 'buung antu'. Oh! si burung hantu. Ternyata oh ternyata, ilustrasinya berbentuk 2 dimensi juga, jadi nyambung sama kegiatan hari ini. Alhamdulillah 💕.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar