Selasa, 24 Januari 2017

NHW1 Adab Menuntut Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah Allah memberikan saya jalan untuk kembali menghidupkan blog ini. Semoga bisa kembali konsisten untuk menulis, insyaAllah.

InsyaAllah dipostingan selanjutnya saya share materi dan perasaan saya saat mengikuti kelas matrikulasi ibu profesional ini ya. Sekarang setor NHW nya dulu :)

Tulisan ini adalah NHW (Nice Home Work) saya dari materi "ADAB MENUNTUT ILMU". NHW nya adalah :

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Parenting


2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Pertama
Alhamdulillah, Allah mengamanahi kami buah hati. Kareem. Saya ingin menjadi ibu terbaik untuknya yang mampu mengasuh, mendidik, dan membimbing. Sehingga kami mampu mempertanggung jawabkannya di hari akhir.

Kedua
Dunia anak-anak sangat menarik perhatian saya. Dan parenting bukan hanya saja sekedar mendidik anak tapi juga mengasuhnya dan membimbingnya. Bukan hanya sekedar mengasuh anak tapi juga mendidik anak dan membimbingnya. :)


3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Strategi saya menuntut ilmu parenting adalah dengan memperkaya wawasan lewat membaca buku, mengikuti seminar, mengikuti webinar, dan menggali ilmu lewat facebook atau website milik pakar parenting. Termasuk mengikuti kelas matrikulasi ibu profesional ini.

Selain dari buku, saya juga mempelajari apa manfaat kegiatan-kegiatan bermain belajar bersama anak dari mediasosial (instagram dan facebook).

Agar ilmu yang didapatkan tidak mudah lupa, hal-hal penting yang belum bisa langsung diaplikasikan saya catat. Serta apa yang sudah saya aplikasikan dibuat reviewnya.


4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

• Meluruskan niat terlebih dahulu, agar ilmu yang didapatkan berkah dan bermanfaat. Kata-kata di materi Adab Menuntut Ilmu mengena sekali untuk saya, "Padahal barang siapa orang yang menimba ilmu karena semata-mata hanya ingin mendapatkan ilmu tersebut, maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat baginya, namun barangsiapa yang menuntut ilmu karena ingin mengamalkan ilmu tersebut, niscaya ilmu yang sedikitpun akan sangat bermanfaat baginya."
• Lebih disiplin dalam mengatur waktu. Tinggalkan kegiatan yang kurang bermanfaat.
• Siap menjadi gelas kosong dan lebih bersungguh-sungguh. Share sedikit perasaan saya ya.. Jujur saya agak menyesal karena baru sungguh-sungguh meresapi dan mereview materi matrikulasi baru H+1. Ternyata ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. InsyaAllah, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.
• Melatakan buku dengan baik dan pada tempatnya. Juga merawatnya. Kebiasaan saya membaca buku ditempat tidur. Kadang ketiduran saat bangun ada bagian buku yang terlipat. Maka mulai saat ini, ketika sudah mengantuk letakan buku di tempat yang aman sebelum tidur.


Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia.
Aamiin, insyaAllah

Nafsa Karima
Bandung, 24 Januari 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar