Selasa, 30 November 2010

ice cream

bismillahirrahmanirrahim...

assalamuallaikum wr.wb
siapa sih yang gak kenal dengan makanan di bawah ini???


Ice Cream atau kalau Bahasa Indonesia-nya mah ditulis Es Krim... disukai oleh kebanyakan orang, mulai dari anak-anak hingga yang dewasa karena rasanya yang manis (susu) dan mungkin ada juga yang sedikit asam (dari buah-buahan), selain itu sensai es krim yang DINGIN dan BEKU adalah ciri khas utama dari es krim..

yuk mari kita cari tahu dulu sedikit tentang es krim..

Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis (David, 1994 dikitip Anonima, 2010), sedangkan menurut Herudiyanto (2008), es krim merupakan produk olahan susu yang mengalami proses pembekuan, termasuk makanan bergizi dan sumber energi yang terkonsentrasi, tetapi karena kandungan lemak dan gulanya yang tinggi maka tidak dapat digunakan sebagai bagian utama atau diet. Es krim mengandung 38 – 40% padatan dan 64 – 65% cairan. Komponen-komponen pokok es krim adalah susu, krim, gula, bahan flavor, bahan penstabil, dan pembentuk emulsi (Buckle et al., 1987).
Menurut Anonimb (2009), es krim dapat dibedakan atas komposisi dan kandungannya. Komponen terpenting dari es krim adalah lemak susu dan susu skim. Di Inggris, ada standar tersendiri untuk produk es krim. Pemerintah menetapkan produk es krim harus mengandung 2,5% lemak susu dan 7,5% susu skim (padatan susu non lemak). Jika dicampur dengan buah, maka kandungan lemak susunya 5% atau 7,5% serta kandungan susu krim 7,5% atau 2,0%.

Pernah berpikir ga?
kenapa oranag yang lagi marah, terus nangis suka makan es krim?
beberapa waktu yang lalu, waktu mindahin channel TV, ga sengaja saya hinggap di sebuah sinetron Indonesia..
dibilang intinya, kalau lagi marah dengan makan es krim hati kita yang panas akan menjadi DINGIN, sehingga kita ga marah lagi..
terus dengan BEKUnya es krim akan membekukan air mata kita kalau lagi sedih, sehingga berhenti mengalir...
gituh heheeeeeee...


DAFTAR PUSTAKA

Anonima. 2010. Es Krim. Available at : http://id.wikipedia.org/wiki/Es_krim (diakses 19 Oktober 2010).

Anonimb. 2009. Es Krim. Availabel at : http://www.halalguide.info/2009/04/13/es-krim/ (diakses 19 Oktober 2010).

Buckle, K. A., R. A. Edwards, G. H. Fleet, M. Wootton. 1987. Ilmu Pangan. Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS), Jakarta.

Herudiyanto, M. 2008. Pengantar Teknologi Pengolahan Pangan. Widya Padjadjaran, Bandung.


1 komentar: