Rabu, 11 Mei 2011

donor darah

bismillahirrahmanirrahim


Minggu, 8 Mei 2011.. saya mengikuti seminar Marriage Management yang bertempat di PSBJ UNPAD.. Pembicaranya adalah Kang Tony Raharjo (Kang Tora) dan Teh Melly Raharjo.. Kang Tora dan Teh Melly banyak berbagi pengalaman tentang rumah tangga mereka, tapi yang paling memotivasi saya adalah "membuat keajaiban''..
Pikirkan : "Keajaiban apa yang dapat kita buat hari ini".. Menurut Kang Tora, keajaiban adalah sesuatu yang orang lain tidak dapat melakukannya..

Suatu ketika, Kang Tora dan Teh Melly sedang berkendara, tiba-tiba mobil mereka diseruduk oleh angkot dari belakang.. Kang Tora keluar, kasarnya sih ingin menuntut ganti rugi.. Pas ketemu supir angkotnya, ternyata sudah tua (dibaca : kakek-kakek), gak tegalah Kang Tora untuk nuntut ganti rugi, akhirnya Kang Tora masuk lagi ke mobil..

Teh Melly : "gimana jadi nuntut?"
Kang Tora : "boro-boro, supirnya kakek-kakek, gak tega.."
Teh Melly : "gimana kalau kita kasih uang aja..??"

Itulah salah satu keajaiban Kang Tora dan Teh Melly, orang lain mungkin disaat mobilnya tertabrak akan tetap nuntut ganti rugi, bagaimanapun keadaan sang supir yang menabraknya, atau jika ternyata tidak tega untuk meminta ganti rugi, orang lain mungkin akan pergi dengan hati yang kesal, pernahkah ketika mobil kita tertabrak, kita malah memberikan uang pada yang menabrak??? SubhanAllah,,,
Nah,,, saya juga bertekad untuk membuat sebanyak-banyaknya keajaiban dalam hari-hari saya.. ternyata baru terlaksana hari ini.. di kampus ada acara donor darah, seumur-umur belum pernah deh ikutan donor darah.. pas hari ini, Dian (nama sebenarnya,,, hehehee.. =p) ngajakin untuk donor darah.. awalnya sih ok..ok.. ajah... nah pas sampai di temapat donor darah (gedung baru lantai 1), nyalinya jadi ciut... huhuhhuuuuu.. takut,,,
pas nanya ama panitianya mereka juga belum pernah donorin darah,,, ckckckckkk...
akhirnya membulatkan tekad untuk daftar dan mengambil formulir kesehatan, ya udah lah coba cek dulu aja siapa tau gak bisa donorin darah pas di cek kesehatannya (hahahaa,, niat jahat emang tidak diridoi Allah yahhh =p) atau gak setelah dicek kesehatan dan ternyata bisa, mundur aja ahhh... XD

saat pengambilan formulir, kita dicek dulu berat badannya, minimal 45 kg.. inilah yang paling bikin sensi.. "berat badan"
setelah itu di cek tekanan darah, ternyata tekanan darah saya "lagi normal", karena biasanya kalau gak rendah, tekanan darah saya tinggi... ahahahaa... aneh yah.. saya sedang tidak "halangan", jadi langsung lolos tes berikutnya, yaitu pengukuran Hb (Hemoglobin),,, pas ngeliat alat buat ngeceknya,, nyali jadi ciut lagi, coz jari tangan ditusuk, terus diambil darahnya.. Hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii -____-"

sempet-sempet juga nanya ke petugasnya "sakit gak bu??", petugasnya sih bilang gak sakit,, ya iyah lah orang yang ditusuknya jari saya.. >,< pengalaman dulu waktu tes darah, emang gak sakit, cuma kaya diteken terus tiba-tiba darahnya keluar,, kalau tadi sakitnya lebih sakit dari digigit semut... saran saya sih buat teman-teman yang ingin mendonorkan darahnya tapi nyali kurang mendukung, saat pengambilan sampel darah, jangan liat ke jari dan jangan liat ke alatnya.. (pengalaman =p)

setelah sampel darah diambil, kemudian diukur nilai Hbnya dengan suatu alat yang saya tidak tahu namanya apa,, Hbmeter mungkin yahhh... =D dan hasilnya menunjukan

.....................


...................
.................................................

.....................

.....................................


Hb saya bagus,,, huaaaa.... tahap selanjutnya adalah pengambilan darah,,
Dian sudah gugur sejak di pengukuran tekanan darah, Dian lagi "halangan",
kalau lagi "halangan" gak boleh donor darah, mungkin takut darahnya abis kali yah.. =p

nah disinilah terjadi pergolakan batin... mau tapi takut.. takut liat darahnya, takut liat jarumnya, takut pingsan.. ahahaa...


Dibujuk-bujuk ama panitianya buat donor darah, yang ternyata dianya sendiri belum pernah ngedonorin darah,,, ahahahah..


Panitianya bilang "teteh, mukanya pucet gituh"... ya iyah lah... orang takut.. -_____-"


saya butuh dukungan moril...


saya telefon ibu untuk minta dukunan moril (ahahahhaaa... lebay =D).. setelah telefon ibu dan ibu merestui... kemudian saya memberikan wasiat pada Dian.. (superduper lebayyy)...

"Dian, kalau chaca pingsan,, Dian anterin chaca kerumah yah,,,"


setelah beres meminta doa restu ibu dan berwasiat pada Dian.. Ok... semangat.... mari donor darah...


Kerasa banget waktu jarum menyentuh permukaan kulit dan menusuk kulit... hiiiiiiiiiiiiiiii....

yang jelas jangan liat jarum dan darahnya ajah,, itu kan yang ditakutkan saya... hehehee...
jadi selama proses pengambilan darah, saya gak liat jarum dan darah saya..

soal ketakutan pada pingsang liat nanti aja setelah donor darahnya beres.. =D


ini dia foto waktu donor darah


rasanya linu banget dan pegel..

pengen nangis sebetulnya,,, huhuhuuuu... tapi ngebayangin kalau melahirkan lebih sakit dari donor daarah, maka anggap donor darah ini latihan sebelum melahirkan... hehehe... harus kuat.. mana lagi ada panitia yang ngvideoin.. harus jaga imange dong... hehehee

setelah beberapa waktu, dapet deh 1 labu (350 ml)...

this is it "Darah segear golongan A by chef Nafsa Karima"


jadi mengapa donor darah ini saya masukan dalam keajaiban saya hari ini karena.. tidak semua orang dapat melakukan donor darah.. sesuai dengan pengertian dari Kang Tora, bahwa keajaiban adalah sesuatu yang orang lain tidak dapat melakukannya.. tidak semua orang dapat melakukan donor darah.. entah itu karena sedang "halangan", berat badan tidak mencukupi, tekanan darah tidak normal, kadar Hb darah kurang, ada penyakit-penyakit tertentu, dan yang paling utama adalah ketakutan.. ketakutan adalah seeuatu yang harus kita lawan dan hadapi bukan seseuatu yang kita hindari dan pelihara..

insya Allah jika Allah mengizinkan, saya dan Dian bertekad rutin melakukan donor darah 3 bulan sekali.. banyak sekali manfaat dari donor darah, darah kita jadi terregenerai, dll.. buat lebih jelasnya tanya dokter atau perawat atau orang yang sudah expert di bidang kesehatan..

heheheee


mari membuat banyak keajaiban dalam hari-hari kita...

salam hangat...

Nafsa Karima

di tulis 11 Mei 2011, publish 16-5-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar