Kamis, 01 September 2011

Silsilah Keluarga


bismillahirrahmanirrahim

kakek saya dari pihak ibu, embah kakung saya biasa memanggil beliau, memiliki 3 orang anak, ibu adalah anak pertama, dua lainnya adik ibu adalah laki-laki..
Alhamdulillah kemarin full team kumpul lengkap di rumah embah beserta dengan keluarga kecilnya masing-masing..
Semuanya heboh memberikan masukan dan dukungan (bahasa lembut tuk bilang menasehati... wekekeeee ;p) untuk Huda yang akan memasuki babak baru kehidupannya di bangku kuliah :)
semangat ya deee,, itu berarti semua keluarga sayang ama Huda, termasuk juga kakak..

dari pembicaraan-pembicaraan tersebut ada fakta menarik yang saya baru tahu kemarin, yaitu :
Embah kakung turunan Pangeran Puger ke-7

setelah saya hitung-hitung, berarti saya turunan ke-9 Pangeran Puger,, waaaaaww.. amazing :D
yang jadi masalahnya adalah : siapakah Pangeran Puger? Hooooo ada ga ya waktu belajar sejarah di SD, SMP, atau SMA???

sambil menulis ini saya sambil tanya-tanya ke embah google, dari beberapa referensi yang ada, saya ambil dari Wikipedia aja ya, coz tulisan-tulisan tentang Pangeran Puger rata-rata sama, boleh di cek di http://id.wikipedia.org/wiki/Pangeran_Puger

Pangeran Puger di lahirkan di Mataram dan wafat di Kartasura pada tahun 1719. Beliau adalah raja ke tiga Kasunanan Kartasura yang setelah naik takhta bergelar Sri Susuhunan Pakubuwana I. Beliau memerintah pada tahun 1704-1719. Naskah-naskah babad pada umumnya mengisahkan tokoh ini sebagai raja agung yang bijaksana.
Nama asli Pangeran Puger adalah Raden Mas Darajat. Beliau merupakan putra Sunan amangkurat I, raja terakhir Kesultanan Mataram yang lahir dari Ratu Wetan atau permaisuri kedua. Ibunya tersebut berasal dari Kajoran, yaitu sebuah cabang keluarga keturunan Kesultanan Pajang.
Kehidupan Pangeran Puger lebih lengkapnya boleh dilihat di link yang saya berikan itu.. :)

Masih dari sumber Wikipedia, bagi teman sahabat yang belum tahu, Kartasura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tegah. Kartasura dapat dikatakan merupakan kota satelit bagi Surakarta atau Solo. Di kota ini terdapat persimpangan jalan antara Surabaya-Solo-Jogja dan Solo-Semarang. Kasunanan Kartasura adalah sebuah kerajaan di Pulau Jawa yang berdiri pada tahun 1680 dan berakhir tahun 1742, sebagai kelanjutan dari Kesultanan Mataram. Riwayat kerajaan yang usianya relatif singkat ini cenderung diwarnai oleh perang saudara memperebutkan takhta.. (hiiiiiiii... -___-")

Hubungan darah sampai kapanpun gak akan pernah berakhir, gak ada istilah mantan ibu atau mantan ayah.. hooo..
dari fakta yang baru saya ketahui tersebut, saya paham akan 1 hal, ternyata setidaknya mengalir dalam darah saya darah biru (hahaaa... atau darah bangsawan) juga darah kesatria..
(heeeee,,, keren banget gak sihhh?? ;p)
semoga dengan ini kita bisa semakin kuat, berani, dan bijaksana ya, seperti seharusnya bangsawan dan kesatria berprilaku.. :)


ada yang ingin saya sampaikan, beberapa hal yang saya dapatkan dari obrolan keluarga kemarin..

jangan pernah menyalahkan siapapun atas segala hal yang terjadi pada diri kita..
jangan salahkan orang lain,
apa lagi jika kita sampai menyalahkan Allah..
jangan pernah salahkan siapapun.
berkacalah pada diri sendiri..
menyalahkan adalah sesuatu yang sangat mudah, semua orang dapat melakukannya..
tapi berkaca pada diri sendiri bukan hal yang mudah, hanya orang yang berhati bening yang dapat melakukannya..

kita mungkin ikan besar yang berada dalam kolam yang kecil,
ketika kita berada di Samudera yang lebih luas dari kolam kita,
kita tetap menjadi ikan yang besar, tapi jangan lupakan bahwa banyak juga ikan yang lebih besar dari kita..
jangan pernah merasa kecil untuk hal ini.. pasti bisa, meskipun banyak orang yang lebih 'besar' dari kita.. :)

dan yang sangat-sangat ingin saya sampaikan,,
Ya Allah, saya bersyukur, Engkau memberikan keluarga yang penuh kasih,
saya bersyukur dilahirkan ditengah-tengah keluarga ini..
kekalkan Ya Allah kasih sayang antara kami..
kekalkan Ya Allah, tidak hanya untuk di dunia, tapi juga untuk suatu masa yang kekal..
kekalkan Ya Allah, hingga kami dapat bertemu lagi di Padang Mahsyar-Mu, kami dapat berkumpul bersama Rasul-Mu, dan yang utama kami dapat bertemu dengan Mu..
Alhamdulillah,,
yang paling penting dari semua yang penting adalah,
Ya Allah, terima kasih Engkau berikan saya kesempatan untuk hidup..



amazing Agustus, dari awal hingga akhir..
semoga dipertemukan lagi dengan Ramadhan serta hari yang fitri..



mengawali bulan Syawal
1 lagi potongan mozaik hidup saya,,, ;D
saya akan hidup untuk Yang Maha Hidup
Nafsa Karima

semoga tahun depan bisa mudik kerumah mer**a
hahahaaaaa... >,<

1 komentar:

  1. bisa share lebih banyak lagi ga?
    saya juga punya catatan silsilah keturunan dari Pangeran Puger.
    No saya 085716652869
    Pin 304896ce
    saya juga lagi mencoba menelusuri silsilah dari keturunan Pangeran Puger.
    terima kasih
    Dewa

    BalasHapus