Kamis, 16 Februari 2017

NHW4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah



Bismillahirrahmanirrahim

Masih semangat untuk terus belajar di Kelas Matrikulasi Ibu Profesional ini. Semoga bisa terus konsisten dan fokus belajar di kelas-kelas selanjutnya.. Ammiin

Kami diminta melihat kembali NHW sebelumnya. Dan saya sekarang mulai menemukan benang merahnya..
Bismillah..
.
.

NHW#1 Adab Menuntut Ilmu
Sampai hari ini saya masih TETAP memilih Jurusan Ilmu PARENTING di Universitas Kahidupan yang saya jalani. Hanya saja saat ini saya sedang mendalami Bidang Studi Pendidikan Anak Usia Dini di Jurusan Parenting tersebut.
.
.

NHW#2 Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan
Sudahkah saya belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita?
BELUM.
Hal ini sudah ditanyakan oleh suami dan beliaupun mengingatkan saya tentang konsisten. Saat diingatkan oleh suami bagaimana reaksi saya? Saya menangis, saya sakit hati. Kenapa reaksi saya demikian? Karena apa yang dikatakan oleh suami BENAR. Saya belum konsisten dan beberapa checklist terlalu mudah.
Beri tau orang lain apa checklist kita, kata suami. Kenapa? Bukan agar orang lain mengingatkan jika kita lupa. Tapi biar kita MALU jika kita tidak melakukannya. Baiklah ini mungkin salah satu cara saya melatih dengan keras diri, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
.
.

NHW#3 Membangun Peradaban dari Dalam Rumah
Membaca dan merenung kembali. Semoga gak baper yang bikin galau. Hehe
Apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup akan makin terlihat.
Bismillah, JUST DO IT.
Bidang yang akan saya kuasai adalah Pendidikan Anak Usia Dini.
Misi hidup :
1. Memfasilitasi pendidikan anak usia dini
2. Memberikan inspirasi untuk orang tua lain tentang pendidikan anak usia dini
Bidang : Pendidikan Anak Usia Dini
Peran : Fasilitator dan Inspirator
.
.

Ilmu-ilmu yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup saya dan menjadi ahli di bidangnya adalah :
1. Mommy jadi Dokter, ilmu yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak usia dini
2. Mommy jadi Koki, ilmu yang berkaitan dengan Makanan Pendamping ASI. MPASI Rekomendasi WHO saya pelajari dari group FB Homemade Healty Baby Food (HHBF).
3. Mommy jadi Fasilitator, ilmu yang berkaitan dengan aktifitas stimulus keseharian anak yang sesuai dengan tahapan usia anak. Contohnya adalah mempelajari kurikulum / metode pendidikan anak usia dini atau memahami checklist indikator perkembangan anak sesuai tahapan usianya.
Poin 1 - 3 ini akan saya mantapkan dengan ilmu pengasuhan di Bunda Sayang.
4. Bunda cekatan, Ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
5. Bunda produktif, ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
6. Mommy berbagi, ilmu yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan orang lain agar tercipta komunikasi yang baik dan ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang. Ilmu ini akan saya pelajari lebih dalam di kelas Bunda Shaleha, insyaAllah.
.
.

Milestone yang saya tetapkan per 6 bulan, adalah  :
KM 0 – KM 1 (semester 1) : Menguasai Ilmu seputar tumbuh kembang anak usia dini
KM 1 - KM 2 (semester 2) : Menguasai Ilmu seputar MPASI anak
KM 2 - KM 3 (semester 3) : Menguasai Ilmu seputar stimulus untuk anak usia dini
KM 3 - KM 5 (semester 4 dan 5) : Menguasai ilmu seputar pengasuhan anak
KM 5 - KM 7 (semester 6 dan 7) : Menguasai ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
KM 7 - KM 9 (semester 8 dan 9) : Menguasai ilmu seputar ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll
KM 9 - KM 11 (semester 10 dan 11) : Menguasai Ilmu seputar komunikasi produktif dan Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

KM 0 saya adalah saat saya berusia 26 tahun, saat melahirkan Kareem. Saat ini saya sudah masuk semester ke-3, dan saya sedang belajar tentang ilmu seputar stimulus untuk anak usia dini. Dari sini saya akan memperdalam lagi tentang pengasuhan anak di IIP Bunda Sayang, insyaAllah.
Bismillah, saya mendedikasikan 6 jam/hari saya untuk mencari ilmu, menyiapkan kegiatan, mempraktekkan, dan menuliskan kegiatan bersama anak.
.
.

Sambil mengkoreksi kembali checklist saya di NHW#2, apakah sudah masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas? Belum.
Saatnya melakukan EVALUASI.
Indikator yang saya tambahkan dalam Checklist Profesionalisme Perempuan sebagai Individu adalah :
• Mengaji min. 1 lembar / hari
• Mendedikasikan waktu  6 jam / hari (mencari ilmu, menyiapkan kegiatan, mempraktekkan, dan menuliskan kegiatan bersama anak)

JUST DO IT
Lakukan.. lakukan.. lakukan.. !!!
Semoga Allah memberikan pemahaan yang baik 😊

Salam Ibu Profesional,
Nafsa Karima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar