Selasa, 18 Juli 2017

Melatih Kemandirian Anak Hari Ke-6

Bismillahirrahmanirrahim

3 hal yang ingin saya latihkan dengan Kareem adalah :
1. Makan sendiri
2. Melatih berbicara jika menginginkan sesuatu
3. Toilet Training

Alhamdulillah untuk makan sendiri udah semakin pintar. Hari ini makannya lebih sering memggunakan tangan kanan.

Masih ada rengekan atau tangisan kecil jika Kareem tidak bisa melakukan sesuatu atau ingin saya melakukan sesuatu. Masih terus dilatihkan supaya Kareem mengungkapkan apa yang diinginkannya.


Hari pertama kami memulai Toilet Training. Setelah mandi pagi saya pakaikan training pants. Sejam kemudian diajak ke kamar mandi, ternyata training pantsnya sudah basah 😅. Lalu habis cebok ganti training pantsnya. Kareem tidur siangnya cukup lama, 2 jam lebih. Ketika bangun celananya sudah basah. Dan dia nangis. Diajak ke kamar mandi buat cebok ganti celana tidak mau. Kenapa menangis? Saya tanyakan pada Kareem. Mungkin kaget antara celananya basah dan merasa bersalah. Padahal saya tidak menyalahkannya. Jadi saya katakan padanya. Kareem kenapa nangis? Ga enak ya celananya basah? Besok kita pipis di kamar mandi ya. Gak apa-apa nak celananya basah, namamya juga belajar. Kita belajar sama-sama ya.

Setelah adegan nangis bercucuran bangun tidur, mommy nya ga kuat. Akhirnya kembali dipakaikan diapers. Kita coba lagi lusa ya nak.. :) Karena besok ada acara ke luar rumah.

Sampai makan siang Kareem belum pup. Nah pas diganti pake diapers itu, terus makan siang. Gak lama pup. Padahal pas sebelumnya makan cemilan buah udah kaya ngeden-ngeden. Diajak ke kamar mandi jawabannya "ndaaa". Huhuhuu.. nahan pup apa ya?

Pelajaran penting dan PR yang mommy dapatkan dari TT hari ini adalah :
1. Jangan pernah menyalahkan anak ketika kebablasan pipis.
2. Terus memberikan semangat dan kata-kata yang positif.
3. Buat suasana kamar mandi nyaman bagi anak. Mau mommy pasang stiker biar Kareem betah dan mau duduk di potty seat yang ditempel di closet. Karena untuk duduk di potty seatnya saja Kareem sekarang masih belum mau. Huhuhu

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#MelatihKemandirianDay6
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar