Jumat, 11 Agustus 2017

Family Project Hari Ke-2

Bismillahirrahmanirrahim

Kegiatan kami hari ini mengenal mobil-mobil konstruksi dan fungsinya. Saya fokuskan hanya pada dump truck, back hoe, dan molen (cement mixer). Kegiatan yang kami lakukan hari ini adalah :
1. Menempel sticker
2. Mencocokan mobil konstruksi
3. Membaca buku tentang mobil konstruksi


Kegiatan yang pertama adalah menempel stiker. Kemarin pas belanja ke superind* ada stiker timbul tentang mobil konstruksi dan mobil lainnya. Pas banget dengan tema family project kami. Stikernya bagus, jadi kertas belakangnya itu ada bayangan mobilnya, untuk usia anak yang lebih besar dari Kareem bisa untuk mencocokan gambar dan bayangan mobilnya. Nanti mobil yang sesuai ditempel di kertasnya itu. Kalau Kareem masih tempel sana sini suka-suka.. hehe 😁 gak apa-apa. Tujuan menempel stiker ini adalah :
• Melatih fokus dan konsentrasi
• Menguatkan otot jari tangan
• Stimulasi motorik halus
• Melatih pincer grasp
• Mengenal konsep cabut dan tempel
• Mengenal mobil konstruksi


Yeaahh.. kali ini Kareem bisa nyabut stikernya sendiri tanpa bantuan.

Kegiatan kedua adalah mencocokan mobil konstruksi. Kareem punya dua kelompok mobil konstruksi jadi saya minta dia untuk mengelompokan molen dengan molen lagi, back hoe dengan back hoe lagi, dan dump truck dengan dump truck lagi. Tujuan dari kegiatan ini sebetulnya saya ingen tes Kareem, apa memang benar-benar hafal?
Alhamdulillah ternyata memang anak ini udah hafal dan bisa membedakan 3 jenis mobil tersebut 😁. "Bek-bu (back hoe), moo (molen), dam (dump truck)" katanya.


Kegiatan ketiga adalah membaca buku. Masih terbatas sebetulnya buku Kareem tentang mobil konstruksi. Tertarik dengan mobil konstruksinya baru 2 minggu terakhir ini, jadi saya belum sempet cari-cari buku lainnya.. hihihii. Kita pakai yang ada dulu aja di Ensiklopedi Bocah Muslim jilid Sains Dasar dan Teknologi.


Di hal. 33 ada sedikit penjelasan tentang dump truck. Mengapa truk ini tidak tergelincir saat menaiki bukit pasir? Ternyata rahasianya ada pada bannya. Permukaan ban yang bergerigi membuat gesekan semakin kuat.

Di hal.81 ada sedikit penjelasan tentang back hoe dan molen. Saya tambahkan juga penjelasannya sepengetahuan saya. Back hoe digunakan untuk menggali tanah . Molen digunakan untuk mencampur semen, kerikil, dan air yang akan digunakan untuk membuat beton.

Alhamdulillah, siap nak untuk proyek kita?
Jadi nama fampro kami yang pertama ini adalah Kareem Little Town. Harapan kedepannya jika memang Kareem passionnya bidang ini, Kareem punya kontraktor besar yang bisa membangun masjid di kota dan pelosok seluruh dunia. Aamiin.

Saya semangat buat ngerjain fampro ini. Pengennya bikin logo "Kareem Little Town", apa daya keterbatasan kemampuan. Huhuhuu

#Day2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional
#mommyKareem
#Kareem19m
#aktifitasKareem
#idekegiatanprasekolah
#Kareemlittletown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar