Rabu, 21 Maret 2018

Be Creative

Bismillahirrahmanirrahim

Materi pertama di cawu 3 atau tema ke 9 ini adalah tentang KREATIVITAS. Jujur yang pertama kali terlintas dari kata kreatif ini adalah seniman dan seni rupa. Padahal maknanya lebih luas dari pada itu 🙈.

Di awali dengan melihat slide "Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini" kaget dengan slide kedua yang 'menyalahkan' judul tersebut. Yap, anak-anak kita sudah kreatif 😍💕. Dengan rasa ingin tahu yang besar, tidak mengenal tidak mungkin, dan tidak takut salah. Lalu apa yang terjadi? Kita mematikan kreativitas mereka 😢.

Yang perlu orang tua lakukan adalah memberikan lebih banyak dorongan, cinta tanpa syarat, hargai keunikan tiap anak, dan berikan dunia untuk dijelajahi. Dan dari hasil diskusi kelompok penting juga bagi orang tua untuk JANGAN KALAH DENGAN GA SABAR 🙈.

Mari kita berpikir kreatif dengan cara ubah fokus, geser sudut pandang; don't assume; dan outside the box thingking.

Merawat dan meningkatkan kreatifitas anak adalah dengan tidak banyak membatasi aktivitasnya, untuk anak usia dini kemampuan eksplorasinya sangat tinggi,  apapun yang dilakukannya merupakan proses kemampuan berpikir dan berkreasi. Ahhhh.. jeleeeebbbbbbb banget dengan pernyataan tersebut. Banyak aktivitas Kareem yang saya batasi. Jangan naik ke tangga, jangan main air, jangan ini dan jangan itu. Ditambah awas ini dan awas itu. Atau nanti ini dan nanti itu. Jangan lupa 'ancaman' kadang saya berikan 😢.

Ditambah saya mengenalkan pada Kareem 'sesuatu yang tidak mungkin'. Ga bisa (titik). Bukannya berpikir krearif mancari solusi. Huhuhuu

Kak, maafkan mommy ya.. mommy akan terus belajar, jadi kita sama-sama belajar ya sayang. Bismillah 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar