Kamis, 01 Juni 2017

Komunikasi Produktif Hari Ke-1

Bismillahirrahmanirrahim

Hari pertama tantangan 10 hari komunikasi produktif.

Poin komunikasi produktif yang menurut saya penting dan utama untuk dilatihkan pertama adalah "intonasi dan suara yang ramah" pada anak.

Kareem (17 bulan) lagi suka-sukanya mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mencontoh apa yang orang dewasa lakukan. Kadang saya sering geregetan karena sudah dibilang berkali-kali-kali-kali masih saja dilakukan. Misalnya membawa tempat sampah keliling ruangan atau mainan tanah yang ada di pot tanaman.

Mencoba untuk berintonasi atau bersuara ramah sudah dicoba, tapi masih belum konsisten. Seringnya sambil cemberut dan tidak diikuti dengan intonasi ramah atau bahasa tubuh saya.

"Kareeem, iiihhh.. kotor. Udah yuk."
"Kareem ih, udah mandi ga main tanah lagi ah"
Ini kata-kata yang sering keluar.

Pas kemaren dapet materi Komunikasi Produktif di Kuliah Bunda Sayang, Selama ini kita sering menggunakan suara saja ketika berbicara ke anak, yang ternyata hanya 7% mempengaruhi keberhasilan komunikasi kita ke anak. 38% dipengaruhi intonasi suara dan 55% dipengaruhi bahasa tubuh.

Hmmm.. mungkin karena ini komunikasi saya dan Kareem belum produktif. Saya hanya berkata-kata saja tanpa diikuti dengan intonasi dan bahasa tubuh.

Bismillah ya, semoga membuahkan hasil 9 hari kedepan.


Hari ini Kareem masih mainan tanah. Ga bisa liat pintu rumah kebuka, kalau pintu depan rumah kebuka langsung keluar. Kali ini saya coba lebih santai, biar dia eksplorasi. Tanahnya diambil, dipindahkan ke ember. Sebetulnya karena belum mandi jadi saya izinkan dan karena saya belum mendalami benar materi kuliah Komunikasi Produktif. Heuheu.. maaf keun. Awalnya galau antara mengendalikan emosi atau intonasi dan suara yang ramah. Akhirnya saya putuskan intonasi dan suara yang ramah, karena menurut saya pasti harus dilakukan dengan emosi yang terkendali. Mana bisa ramah kalau emosian ya? Hehehe.

#level1
#day1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Bandung, 1 Juni 2017





Tidak ada komentar:

Posting Komentar