Sabtu, 20 Agustus 2011

c a l o n

bismillahirrahmanirrahim

di suatu malam sebelum 10 malam terakhir di bulan ramadhan,
saya bertanya pada ibu, "kalau ada yang bertanya apakah chaca sudah punya calon, ibu akan jawab apa?"
sebetulnya ini adalah pertanyaan yang kadang buat saya bingung.. entah saudara, entah kerabat ayah atau ibu, entah teman, atau siapapun kadang menanyakan pertanyaan ini..
saya menjawabnya hanya dengan nyengir kuda..
saya belum punya calon, tapi saya sayang pada seseorang.. ini batin saya..
cengiran kuda dapat membuat beberapa orang bungkam, tapi tak jarang juga ada yang bertanya lebih lanjut dan saya jawab "belum", agak sakit ketika mengatakannya karena mungkin dalam posisi saya sayang seseorang, tapi memag ini nyatanya, belum kan?..
"sudah.." ini yang ibu katakan di malam itu, membuat saya bingung.. jelas-jelas belum ada calon, mengapa dijawab sudah?
"calon chaca sudah ada, sudah ditentukan oleh Allah, tapi ikhtiarnya yang belum sampai.." lanjut ibu..
waaaaah... ibu.. :D
saya simpulkan yaa.. "Ok.. jadi kalau ada yang bertanya lagi, nanti dijawabnya 'sudah, tapi ikhtiarnya belum sampai, jadi belum dipertemukan (dalam pernikahan) oleh Allah'..."
ibu tersenyum..
terimakasih ibu.. :)

ikhtiar saya masih kurang, saya masih harus belajar tentang ikhlas..
mengikhlaskanmu yang saya sayangi..
dan belajar tentang sabar, sabar dalam pencarian yang saya sayangi selamanya..


belajar.. belajar.. belajar.. belajar..
lakukan percepatan pembelajaran 4 bulan ini

Nafsa Karima
20 Ramadhan 1432H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar