Selasa, 02 Oktober 2012

bahasa isyarat

bismillahirrahmanirrahim

Indonesia kaya banget dengan bahasa daerahnya. Bagi saya, bahasa daerah ini seperti bahasa isyarat, karena tak semua orang mengerti. Saya cukup paham bahasa Jawa, Padang, dan Sunda. Seneng banget jadi kalau ada orang yang bicara pada saya dengan bahasa daerah, seperti berbicara bahasa isyarat. Tapi sayang seribu sayang, saya tidak terlalu bisa berbahasa daerah dengan baik, saya paham yang dikatakan orang dalam bahasa derahnya tapi saya tidak bisa mengucapkan dalam bahasa daerah apa yang saya ingin ucapkan. Padahal jika bisa ingin juga menjawab pertanyaan atau menyanggah atau bertanya atau bercerita dengan bahasa daerah, hanya baru bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :'( lain kali insyaAllah bisa menggunakan Bahasa Daerah yang baik dan benar, tidak hanya bahasa Jawa, Padang, dan Sunda saja.
Bahasa yang benar-benar ingin saya pelajari adalah bahasa isyarat, senang ya jika bisa menceritakan banyak hal pada orang-orang yang tunarungu. Bahwa hidup mereka tidaklah hening :)



Tadi mengajar anak kelas 5 SD (dulunya murid saya kelas 4 SD). Eng.. Ing.. Eng.. Besok dia ulangan bahasa sunda, padahal saya spesialisnya matematika. Huaaaaahahaa... Ingin nangis guling-guling, ternyata bahasa sunda kelas 5 SD gak segampang kelas 3 SD ya.. Kalau kelas 3 SD saya masih mengerti.. Coba download kamus Indonesia-Sunda ahhh.. hehe..
Nanti gimana kalau saya punya anak jika tinggal dan sekolah di Jawa Barat yang otomatis terdapat mata pelajaran muatan lokal bahasa sunda, gimana coba..? >,< Alhamdulillah, dikerjaan yang sekarang banyak buanget yang menggunakan 'bahasa isyarat sunda', sekalian mengembangkan kemampuan bahasa juga sebelum mengajarkan nanti pada anak xD hahahaaay..


Senyum, maka kita bahagia :D
Bandung, 2 Oktober 2012
Nafsa Karima

1 komentar: