Senin, 16 September 2013

belajar memahami

bismillahirrahmanirrahim

Ya Allah, ketika aku tak tahu apa yang harus aku lakukan..
Atau ketika aku terus-menerus mempertanyakan bagaimana caranya..
Aku selalu punya Engkau..

Aku membuka page pencarian Embah Google, kuharap darinya aku mendapatkan suatu informasi..
aku ketik "bagaimana cara menangani anak ....."
sebelum aku sempat menekan tombol pencarian, aku hapus kata-kataku.. lalu menggantinya dengan
"bagaimana cara memahami anak ....."
Aku ingin sekali bisa memahaminya..

Aku tak ingin menyebutkan kata-kata itu,
Karena psikotes lanjutan baginya yang baru akan dilaksanakan besok..

Dari hasil pencarianku, beberapa kalimat yang aku baca membuat mataku berkaca-kaca,,
terkadang kita takut sekali dengan 'ilmu' sehingga berpikir kadang sebaiknya kita tidak tahu..
Dengan ketidaktahuan terkadang Allah melindungi kita dari tahu itu sendiri, dan apakah ini berlaku sekarang?
Aku harap aku banyak tahu, agar aku bisa lebih memahami..

"Ciri yang sangat menonjol adalah tidak adanya atau sangat kurangnya tatap mata". 
Sumber : artikel 1 

"Mengungkapkan rasa frustrasinya dengan mengamuk".
"Menyukai satu hal saja, misalnya kereta api atau peta. Gunakan gambar kereta api untuk mengajarnya berhitung dan membaca".
Sumber : artikel 2 

Mengenai tatapan mata, dari awal aku memang merasa agak aneh, mengapa, mengapa, dan mengapa, sering menjadi pertanyaanku..
Menyukai 1 hal saja, kereta api itu yang sangat dia sukai..

Dengan membaca kedua artikel tersebut aku jadi semakin tahu apa yang harus aku lakukan, cara belajar seperti apa yang harus aku terapkan..
1. Picture is my first language, kita coba ya belajar melalui gambar.. Kemampuan menggambarnya memang sangat-sangat bagus sekali..
2. Jangan paksa bicara karena bagi sebagian besar anak, ungkapan  verbal tak ada artinya. Maaf jika selama ini mungkin aku 'terlalu memaksa untuk berbicara'..
3. Belajar lebih memahami ekspresinya..
4. Menerangkan tentang rutinitas yang konsisten..


Allah hanya memberikan anak-anak istimewa
untuk guru yang istimewa :)
Bandung, 16 September 2013
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar