Kamis, 31 Juli 2014

perilaku anak

bismillahirrahmanirrahim

Lanjut ke buku ke dua Ayah Edy yang sedang saya baca..
Ayah Edy Punya Cerita, Kumpulan Kisah Inspirasi Parenting yang Wajib Diketahui Orangtua.
Izin share sedikit ya..

Ketika anak saya berusia dua tahun, ia berperilaku keras, tidak mau kalah, suka memaksa, suka mengatur, bahkan kita orangtuanya pun terkadang sering diaturnya. Ia tidak sabaran, ingin disegerakan, suka memukul, teriakannya keras luar biasa, tidak pernah bisa duduk diam, selalu melompat kesana-kemari, dan sebagainya.

Melalui perilaku anak ini, sebenarnya mencaritakan sebuah deskripsi masa depannya, yang kira-kira begini sisnya:
"Papa, aku ini seorang yang berpendirian teguh, aku adalah seorang pengambil keputusan terhadap masalah-masalah sulit, aku adalah tipe pemimpin, dan kelak aku memuliki anak buah yang banyak kuatur. Kemauanku keras dan aku cenderung memaksa dan kelak hampir semua rencana yang aku buat membuahkan hasil yang gemilang. Aku tidak suka diancam, jika aku menganggap langkahku tepat maka aku tidak takut menghadapi siapa pun. Aku memang lincah dan banyak bergerak, kelak aku kan sanggup menangani berbagai macam masalah dengan lincah dan sigap dalam waktu yang singkat.
Papa.. tolong jangan suka memaksa aku. Cobalah ajak aku berdialog atau berunding, tetapi jangan pernah kau bohongi aku karena aku suka orang yang konsisten dan menepati janji. Jika tidak, aku akan tagih janjimu sampai kapan pun. Aku akan menuruti segala permintaanmy asalkan alasannya masuk akal karena aku memang memiliki kekuatan logika dan tidak mudah ditipu. Aku ingin segera dan tidak suka ditunda-tunda karena kelak aku akan menuntaskan semua pekerjaan dengan segera, lebih cepat dari terget yang telah ditetapkan".

Ternyata, setiap perilaku anak yang ditunjukan kepada kita sesungguhnya merupakan petunjuk-petunjuk dari Tuhan yang berhubungan dengan keunggulan dirinya, kecerdasan yang dimilikinya, profesi, dan peluang keberhasilan yang akan dicapai di masa depannya kelak.

Artikel yang bagus.. hehee
kaya berkaca pada diri sendiri.. :)
wallahualam bishawab..
Bandung, 31 Juli 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar